Persepsi siswa tentang pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Fajar Novita Sari

Main Author: Fajar Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/35708/
Daftar Isi:
  • KataKunciKompetensiProfesionalGuruKompetensiPedagogikGuruPrestasiBelajar.Kompetensiguruadalahseperangkatpenguasaankemampuanyangharusadadalamdiriguruagardapatmewujudkankinerjanyasecaratepatdanefektifsehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Kompetensigurudiantaranyaadalahkompetensiprofesionalkompetensipedagogikkompetensisosialdankompetensikepribadian.TujuanPenelitianadalahuntukmengetahuipengaruhpersepsisiswatentang(1)kompetensiprofesionalguruterhadapprestasibelajarsiswa(2)kompetensipedagogikguruterhadapprestasibelajarsiswa(3)Kompetensiprofesionalgurudankompetensipedagogikterhadapprestasibelajarsiswa.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri1Singosaritahunajaran2010/2011sebanyak104siswa.Teknikpengambilansampeladalahteknik(randomsampling)sehinggadiperolehsampelberjumlah53siswa.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahkompetensiProfesionalguru(X1)KompetensiPedagogikguru(X2)danvariabelterikatnyaadalahprestasibelajarsiswa(Y).Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahkuesionerdandokumentasi.MetodeanalisisdatamenggunakananalisisRegresilinierberganda.Hasilpenelitianyangdiperoleh(1)terdapatpengaruhpositifsignifikanantarakompetensiprofesioalguruterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Singosarisebesar0416(2)terdapatpengaruhpositifsignifikanantarakompetensipedagogikguruterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Singosarisebesar0562(3)terdapatpengaruhpositifsignifikanantarakompetensiprofesionalgurudankompetensipedagogikterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Singosarisebesar0885Disarankankepada(1)pihakkepalasekolahagartetapmemberikanpengawasandanpembinaanterhadapguruagardapatmemaksimalkankompetensiyangdimilikinya(2)pihakgurulebihmeningkatkankompetensinyasehinggadapatmeningkatkanmotivasisiswasertaprestasisiswa(3)untuksiswadiharapkanlebihmeningkatkanprestasibelajarbaiksecarakonseptualmaupunpraktistentangpembelajaranakuntansi.(5)penelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuifaktor-faktorlainyangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.