Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted individualization) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI sosial 1 SMA Negeri 2 Malang / Rafi Bayani Fabik

Main Author: Rafi Bayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/35654/
Daftar Isi:
  • KatakunciMetodePembelajaranKooperatifModelTAI(TeamAssistedIndividualization)MotivasiPrestasibelajar.PembelajarankooperatifmodelTAIadalahbentukpembelajarankooperatifyangberartisiswaditempatkandalamkelompok-kelompokkecilyangheterogendimanadalamtiapkelompokterdapatsatuasisten(siswayangkemampuanakademiknyalebihbaik)yangmembantuprosesbelajarkelompok.Motivasibelajaradalahsuatudoronganinternaldaneksternalyangmenyebabkanseseorang(individu)untukbertindakatauberbuatmencapaitujuansehinggaperubahantingkahlakupadadirisiswadiharapkanterjadi.PrestasibelajaradalahkemampuankognitifsiswayangdicapaisetelahpenerapanpembelajarankooperatifmodelTAIyangditunjukkanolehnilai-nilaitesyangdiberikan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpeningkatanmotivasibelajarakuntansisiswakelasXIdiSMANegeri2MalangmelaluipembelajarankooperatifmodelTAI.(2)MendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarakuntansisiswakelasXIdiSMANegeri2MalangmelaluipembelajarankooperatifmodelTAI.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yaitupenelitianyangdilakukangurudikelaspadasaatberlangsungnyaprosespembelajarandenganjalanmerancangmelaksanakandanmerefleksikantindakansecarakolaboratifdanpartisipatifyangdilakukanuntukmemberikansumbangannyatabagipeningkatanprofesionalismeguru.HasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPenerapanpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)terbuktidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Darikeempatindikatormotivasibelajar(perhatianketerkaitanpercayadiridankepuasan)yangdiukurdiperolehhasilbahwasemuaindikatormengalamipergeserandarikategoricukupbaikmenjadibaikdanyangbaikmenjadisangatbaiktetapiindikatorkepuasanmengalamipergeseranterbesardibandingkandenganindikatorlainnya.PenerapanpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)terbuktidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Peningkatantersebutdiukurdaritesakhirhasilbelajardanketuntasanbelajarsiswa.sehinggadapatditariksuatukesimpulanbahwapenerapanpembelajaranTAIdapatmeningkatkanprestasibelajar.Saranuntukpenelitianselanjutnyayaitu(1)Bagiguruguruharusmemahamilangkah-langkahsyarat-syaratdanbahanyangdibutuhkandalampembelajaranTAI.(2)Bagisiswasiswaharuslebihmenjagakekompakandankerjasamadalamkelompok.(3)BagisekolahmediapembelajaranyangmendukungpembelajaranTAIdisediakanuntukmenunjangprosesbelajar.