Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted individualization) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI sosial 1 SMA Negeri 2 Malang / Rafi Bayani Fabik
Main Author: | Rafi Bayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35654/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMetodePembelajaranKooperatifModelTAI(TeamAssistedIndividualization)MotivasiPrestasibelajar.PembelajarankooperatifmodelTAIadalahbentukpembelajarankooperatifyangberartisiswaditempatkandalamkelompok-kelompokkecilyangheterogendimanadalamtiapkelompokterdapatsatuasisten(siswayangkemampuanakademiknyalebihbaik)yangmembantuprosesbelajarkelompok.Motivasibelajaradalahsuatudoronganinternaldaneksternalyangmenyebabkanseseorang(individu)untukbertindakatauberbuatmencapaitujuansehinggaperubahantingkahlakupadadirisiswadiharapkanterjadi.PrestasibelajaradalahkemampuankognitifsiswayangdicapaisetelahpenerapanpembelajarankooperatifmodelTAIyangditunjukkanolehnilai-nilaitesyangdiberikan.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpeningkatanmotivasibelajarakuntansisiswakelasXIdiSMANegeri2MalangmelaluipembelajarankooperatifmodelTAI.(2)MendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarakuntansisiswakelasXIdiSMANegeri2MalangmelaluipembelajarankooperatifmodelTAI.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yaitupenelitianyangdilakukangurudikelaspadasaatberlangsungnyaprosespembelajarandenganjalanmerancangmelaksanakandanmerefleksikantindakansecarakolaboratifdanpartisipatifyangdilakukanuntukmemberikansumbangannyatabagipeningkatanprofesionalismeguru.HasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaPenerapanpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)terbuktidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Darikeempatindikatormotivasibelajar(perhatianketerkaitanpercayadiridankepuasan)yangdiukurdiperolehhasilbahwasemuaindikatormengalamipergeserandarikategoricukupbaikmenjadibaikdanyangbaikmenjadisangatbaiktetapiindikatorkepuasanmengalamipergeseranterbesardibandingkandenganindikatorlainnya.PenerapanpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)terbuktidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Peningkatantersebutdiukurdaritesakhirhasilbelajardanketuntasanbelajarsiswa.sehinggadapatditariksuatukesimpulanbahwapenerapanpembelajaranTAIdapatmeningkatkanprestasibelajar.Saranuntukpenelitianselanjutnyayaitu(1)Bagiguruguruharusmemahamilangkah-langkahsyarat-syaratdanbahanyangdibutuhkandalampembelajaranTAI.(2)Bagisiswasiswaharuslebihmenjagakekompakandankerjasamadalamkelompok.(3)BagisekolahmediapembelajaranyangmendukungpembelajaranTAIdisediakanuntukmenunjangprosesbelajar.