Tipe kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Satu Atap (studi kasus SDS-SMP Negeri Satu Atap Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang) / Adi Sumarwin

Main Author: Sumarwin, Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3557/
Daftar Isi:
  • SumarwinAdi.2013.TipeKepemimpinanKepalaSekolahdiSekolahSatuAtap(StudiKasusSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihKecamatanKarangplosoKabupatenMalang).SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AgusTimanM.Pd(2)TeguhTriwiyantoS.PdM.PdKataKuncitipekepemimpinankepalasekolahsekolahsatuatapPendidikanmerupakankuncidarisebuahkesuksesankarenadenganpenguasaanilmupengetahuanyangtercakupdalampendidikanmakasendi-sendikehidupandapatdimanfaatkansecaramaksimal.Dengankatalainpendidikanyangberkualitasdapatmengantarkankitadalamkondisiyanglebihbaik.MenimbangbegitupentingnyapendidikanmakapemerintahIndonesiamulaimelakukanprogramyaituwajibbelajar12tahun.Kepalasekolahsangatberperanpentingdalamsemuakegiatanyangdilakukansuatusekolahuntukmencapaitujuanpendidikanyangdiinginkankarenasuatuorganisasiakanberhasilataugagalsebagianbesarditentukanolehkepemimpinanlembagatersebut.Tipekepemimpinanpadadasarnyamengandungpengertiansebagaisuatuperwujudantingkahlakudariseorangpemimpinyangmenyangkutkemampuannyadalammemimpin.Tipekepemimpinanyangditerapkandisebuahorganisasimerupakanhalyangpentingkarenasetiaplembagapastimempunyaikecocokansendiri-sendiritipekepemimpinanyangdipakai.Sepertijugadalamsekolahsatuatapkepalasekolahharusdapatmemilihtipekepemimpinanyangditerapkankarenakepalasekolahmemimpindualembagapendidikanyangberbedajenjang.FokuspenelitianiniyaitutipekepemimpinanKepalaSekolahSatuAtapdiSDN2DonowarihdanSMPN2KarangplosoKabupatenMalangyangkemudiandiuraikanmenjadibeberapasubfokussebagaiberikut(1)tipekepemimpinanyangditerapkankepalasekolah(2)hambatanyangdialamikepalasekolah(3)upayakepalakekolahmengatasihambatan-hambatanyangdialamidan(4)strategikepalasekolahdalammengembangkansekolahSatuAtap.Penelitiandilakukanmelaluipendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.PenelitianinidilaksanakandiSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihyangterletakdiDesaDonowarihKecamatanKarangplosoKabupatenMalang.Penelitimengambildatadenganberusahamemperolehinformasidariinforman.Informanterdiridarikepalasekolahgurudanwalimurid.Datayangdiperolehmelaluiwawancaraaobservasidandokumentasi.Analisisdatadilakukanmelaluilangkah-langkahberikutreduksidatadisplaydatadanverifikasidata.Teknikpengecekankeabsahandatayangdigunakanyaituketekunanpengamatantriangulasidanmembercheck.Temuanpenelitianiniadalahtipekepemimpinanyangdigunakanyaitutipekepemimpinandemokratis.Hambatan-hambatanyangdihadapikepalasekolahdalammemimpinSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihyaitu1)LetakgeografisSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihyangjauhdariperkotaandanaksesjalanyangsulit2)motivasidaripesertadidikuntukbelajardanmenempuhpendidikanlebihtinggimasihkurang/rendah3)waktuuntukmengadakanrapatyangbelumteraturataubelumadajadwalpastidan4)kekurangantenagapengajar.Carayangdigunakankepalasekolahdalammengatasihambatan-hambatanyaitusebagaiberikut1)kepalasekolahberusahauntuktetapdekatdenganmerekaagarmengetahuiapayangmenjadifaktorpenyebabnya.Selainitujugamemberipujiandanhadiahkepadasiswamaupuntenagapendidikyangberprestasi2)memanfaatkanwaktuluanguntukmengadakanrapatdan3)mengusulkankepadaDinasPendidikandanKebudayaanuntuksegeramelakukanpenambahantenagapengajardisekolahsatuatap.StrategikepalasekolahuntukmengembangkanSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarih.Pertamakepalasekolahmembenahidarisegifisiksekolah.Keduakepalasekolahmeningkatkankualitastenagapendidik.SaranyangdapatdiberikanyaitubagiDinasPendidikanKabupatenMalangdiharapkandapatmembantudenganmenambahGuruuntukSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihagarsekolahsatuataptidakkekuranganGuru.KepalaSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihdiharapkansegeramengatasihamabatan-hambatanyangdialamiselamamemimpinSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihsepertimembentukjadwalyangteraturmengenairapatsekolahmeningkatkankedisiplinangurudanpemberianmotivasikepadasiswa.BagiguruSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihdiharapkanGuruuntuklebihdisiplindalammenjalankantugas.Mengurangiketidakhadirandisekolahsehinggakekurangangurubisatertutupi.BagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikanFIPUMdiharapkanmenambahreferensitentangtipekepemimpinandemokratismengingatJurusanAdministrasiPendidikanmemilikimatakuliahtentangKepemimpinanPendidikandapatmemberisolusiterhadapmasalahyangdihadapidalamtipekepemimpinanyangditerapkandisekolahsatuatap.BagipenelitilaindisarankanuntukmengembangkanpenelitianinidariaspeklaindiantaranyadarisegisumberdayamanusiadansaranaprasaranasekolahSD-SMPNegeriSatuAtapDonowarihKecamatanKarangplosoKabupatenMalang.