Implementasi pembelajaran kooperatif metode team accelerated instruction (TAI) padfa mata palajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X KU 1 program keahlian akuntansi di SMKN 2 Nganjuk / Yohan Bakhtiar

Main Author: Yohan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/35550/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBakhtiarYohan.2010.ImplementasiPembelajaranKooperatifMetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)PadaMataPelajaranAkuntansiUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXKU1ProgramKeahlianAkuntansiDiSMKN2Nganjuk.SkripsiJurusanAkuntansiProgramStudiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)TriadiAgungSudartoS.E.M.Si.Ak.(II)MakaryanawatiS.E.M.Si.Ak.KataKunciPembelajaranKooperatifMetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)MotivasiHasilBelajar.Kemajuanperkembanganduniapendidikanharusdiikutidenganpenerapanyangsesuaidengankebutuhanterutamaterkaitdenganmetodepembelajaran.Pemilihanmetodepembelajaransebagaivariasidalampengajaransangatberpengaruhterhadaphasilpembelajarandimanapemilihanmetodeyangtepatakandapatmeningkatkankualitaspengajaransetiapmatapelajarankhususnyaakuntansi.BerdasarkanhasilobservasimetodepembelajaranyangditerapkandiSMKN2Nganjukselamainiadalahmetodekonvensionalmelaluiceramahdantanyajawab.Denganmetodesepertiitudapatmenyebabkansiswamenjadipasifdankurangmandiridalambelajar.OlehkarenaituperluadanyasebuahpembaharuanpembelajaranuntukmengubahparadigmatersebutyaitupenerapanpembelajarankooperatifmetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantidakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXKUIProgramKeahlianAkuntansidiSMKN2Nganjuk.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantestertulisyangdilaksanakanpadaakhirsetiapsikluspedomanwawancaracatatanlapanganlembarobservasiangketmotivasisiswadandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwarata-rataskoruntukmotivasibelajarintrinsiksiswapadasiklusImencapainilai317dandinyatakandalamtarafkeberhasilanbaiksedangkanuntukmotivasibelajarekstrinsiksiswamencapainilai300dandinyatakanjugadalamtarafkeberhasilanbaik.PadasiklusIImotivasibelajarsiswamengalamipeningkatanyaituuntukmotivasiintrinsikmencapainilai322dandinyatakandalamtarafkeberhasilanbaiksedangkanuntukmotivasibelajarekstrinsiksiswamencapainilai310dandinyatakanjugadalamtarafkeberhasilanbaik.Walaupunpeningkatannyakurangsignifikanakantetapidisinitetapterjadipeningkatanyangberartibahwapesertadidikmengalamipeningkatanmotivasibelajarsecarakeseluruhan.AnalisishasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIjumlahsiswakelasXKUIyangdinyatakantuntasbelajarsebesar75%dan25%dinyatakanbelumtuntasbelajar.PadasiklusIItingkatketuntasanbelajarsiswakelasXKUImeningkatsebesar8824%siswadinyatakantuntasbelajardan1176%dinyatakanbelumtuntasbelajar.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagigurusebaiknyamenerapkanpembelajarankooperatifmetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)sebagaialternatifpembelajarandikelaspadamatapelajaranAkuntansikhususnyapokokbahasanmemprosesentrejurnal(2)UntukmengembangkanpembelajarankooperatifmetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)yaitudenganmemberikantambahanmediapembelajaranmaupunpengembanganskenariopembelajaransangatdianjurkanagarpembelajaransemakininovatifdankreatif.(3)BagipenelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitianmengenaipenerapanpembelajarankooperatifmetodeTeamAcceleratedInstruction(TAI)baikdikelasmaupundisekolahlainagarhasilpenelitianlebihrepresentatifdanvalid.