Hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan dan prerstasi belajar siswa kelas unggulan dan reguler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Christella

Main Author: Christella
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3523/
Daftar Isi:
  • Katakunciprestasibelajarjampelajarantambahan(JPT)kelasunggulankelasreguler.Dalamkehidupanpendidikanmemegangperananpentingkarenapendidikanmerupakanwahanauntukmeningkatkandanmengembangkankualitassumberdayamanusia.Seiringperkembanganduniapendidikanyangsemakinpesatmenuntutadanyalembagapendidikanuntukmenyesuaikanperkembanganilmupengetahuan.Salahsatucarayangdilakukanuntukmeningkatkankualitaspendidikanadalahdenganpeningkatankualitaskegiatanbelajar.Pengadaanpelajarantambahanyangdifungsikanuntukmengurangiresiko-resikoyangtidakdiinginkan.Sekolahberharapdenganadanyapelajarantambahansiswamenjadilebihsiapdalamkegiatanbelajarmengajarsehinggasiapjugadalammenempuhujianbaikujianyangdiadakansekolahmaupunujianyangdiadakanpemerintah.Prestasibelajarmerupakanprosesyangdilakukandalammencapaiperubahantingkahlakuyanglebihbaikdarisebelumnyadandapatmencapaisuatuhasilyangdiperolehsetelahmelaluiaktivitasbelajarberupakemampuanyangmemberikanperubahanpadasegenapaspekdalamdirisiswa.JPTmerupakanpenambahanjambelajardiluarjambelajarreguleryangbiasanyadiberikansetelahjamsekolah.Kelasunggulanmerupakanpelayananistimewayangdisediakanolehsekolahuntuksiswayangmemilikikecerdasandanbakatyangyangluarbiasa.Siswakelasreguleradalahsiswayangumumnyamemilikikemampuanrata-ratadengansiswayanglain.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiseberapatinggipersepsitentangjampelajarantambahan(JPT)siswaKelasUnggulan(2)untukmengetahuiseberapatinggipersepsitentangjampelajarantambahan(JPT)siswaKelasReguler(3)untukmengetahuiseberapatinggiprestasibelajarsiswaKelasUnggulan(4)untukmengetahuiseberapatinggiprestasibelajarsiswaKelas9Reguler(5)untukmengetahuiapakahadahubunganantarapersepsitentangjampelajarantambahan(JPT)danprestasibelajarsiswaKelasUnggulan(6)untukmengetahuiapakahadahubunganantarapersepsitentangjampelajarantambahan(JPT)danprestasibelajarsiswaKelasReguler(7)untukmengetahuiperbedaanpersepsitentangjampelajarantambahan(JPT)siswaKelasUnggulandanRegulerdan(8)untukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswaKelasUnggulandanRegulerdiSMPLaboratoriumUM.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasionaldnkomparatif.PenelitianinidilakukandiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganpopulasiberjumlah162oranguntuksiswakelasregulerdan16oranguntuksiswakelasunggulan.Sampelnyaberjumlah110untuksiswakelasregulerdan16untuksiswakelasunggulan.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahsimpelrandomsampling.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakaninstrumenangketdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkorelasiproductmomentdananalisisujibedattestuntuksampeltidakberhubungan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tingkatpersepsitentangJamPelajaranTambahan(JPT)siswaKelasUnggulantermasukdalamklasifikasitinggi(2)tingkatpersepsitentangJPTsiswaKelasRegulertermasukdalamklasifikasitinggi(3)tingkatprestasibelajarsiswaKelasUnggulantermasukdalamklasifikasibaik.(4)tingkatprestasibelajarsiswaKelasRegulertermasukdalamklasifikasicukup(5)tidakadahubunganyangsignifikanantarapersepsitentangJPTdanprestasibelajarsiswaKelasUnggulan(6)tidakadahubunganyangsignifikansiantarapersepsitentangJPTdanprestasibelajarsiswaKelasReguler(7)tidakadaperbedaanyangsignifikanantaraJPTsiswaKelasUnggulandanRegulerdan(8)adaperbedaanyangsignifikanantaraprestasibelajarsiswaKelasUnggulandanRegulerdiSMPLaboratoriumUM.Saran-saranyangdapatdikemukakan(1)bagikepalaSMPLaboratoriumUMpenelitianinidapatdijadikanmasukandalampelaksanaanprosespembelajaranagarprestasibelajarantarasiswakelasunggulandankelasregulerdapatlebihmeningkatkemampuanakademiknyadanpelaksanaanJPTsiswakelas9diSMPLaboratoriumUMlebihdiperhatikandalamprosespembelajarannyaagarsiswamengertiakantujuandiadakannyaJPT.SehinggasiswadapatlebihmemanfaatpelaksanaanJPTuntukmengoptimalkanprestasibelajar(2)bagiguruSMPLaboratoriumUMdapatmenjadimasukanagarsiswamemperhatikandanmeningkatkanprosespembelajarankhususnyauntukvariasidaninovasiyangdilakukandalammengajar(3)bagisiswaunggulanagarlebihmenggalipotensiyangadadalamdirinyasehinggapelaksanaanJPTdapatmembantumeningkatkanprestasibelajar(4)bagisiswaregulerdapatmemanfaatkanwaktudankesempatandalampelaksanaanJPTsehinggadapatmembantumeningkatkanprestasibelajardisekolahdan(5)bagipenelitilainpenelitianinidapatdijadikanbahanreferensidanmasukanuntukpenelitianselanjutnyadalamhalpengaruhpengadaansaranaprasaranaJPTpengaruhkinerjagurudalampelaksanaanJPTyangdikaitkandenganprestasibelajarsiswa.