Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Perbankan Syariah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Evi Sri Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Evi Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35207/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKWahyuniEviSri.2018.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarAkuntansiSiswaKelasXPerbankanSyariahdiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingSulastriS.Pd.M.SA.KataKunciModelPembelajaranTwoStayTwoStrayAktivitasBelajarHasilBelajar.Melaluimodelpembelajarankegiatanpembelajaranyangdilakukanolehsiswadangurumenjaditerstruktur.Guruyangberperanmerancangpembelajaranmemilihmodelpembelajaranyangdapatmempermudahsiswamemahamimateri.Selamapelaksanaanprosespembelajarankeaktifansiswaharusdiciptakanagarsiswadapatmemperolehpengetahuanbaru.Namunterdapatpermasalahanyangditemukanyaitugurulebihdominandenganmenggunakanmetodeceramahsehinggakurangnyakeaktifansiswaselamaprosespembelajaransertahasilbelajaryangdiperolehtidakmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusdimulaidaritahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXPerbankanSyariahyangberjumlah20siswa.Teknikpengumpulandatamelaluiobservasidantes.Sedangkananalisisdatameliputidataaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.HasilanalisisdataaktivitasbelajarsiswadarisiklusIterdapatbeberapaaktivitasyangbelumnampakselamaprosespembelajarandiantaranyaoralactivitiesdanmentalactivities.SedangkanpadasiklusIIdiketahuiindikatoraktivitasbelajaryangdicapaitelahoptimal.HaliniditunjukkandenganpermasalahanyangdihadapidisiklusIdapatdiminimalisirpadasiklusII.HasilbelajarsiswapadasiklusIdiperoleh53%denganketuntasansecaraindividu8siswadari15siswa.HasilketuntasanpadasiklusIIsebesar80%denganketuntasanindividumencapai12siswadari15siswa.BerdasarkanpadapenelitiandisimpulkanpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXPerbankanSyariahdiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.DarikesimpulantersebutmakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranaktifyaitumodelpembelajaranTwoStayTwoStrayyangdapatmembantusiswamemahamimaterisertahasilbelajaryangmaksimal.Sedangkanbagipenelitiselanjutnyadapatlebihmatangmempersiapkankebutuhanpenelitiantermasukinstrumen.