Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Perbankan Syariah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Evi Sri Wahyuni

Main Author: Wahyuni, Evi Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/35207/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKWahyuniEviSri.2018.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarAkuntansiSiswaKelasXPerbankanSyariahdiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingSulastriS.Pd.M.SA.KataKunciModelPembelajaranTwoStayTwoStrayAktivitasBelajarHasilBelajar.Melaluimodelpembelajarankegiatanpembelajaranyangdilakukanolehsiswadangurumenjaditerstruktur.Guruyangberperanmerancangpembelajaranmemilihmodelpembelajaranyangdapatmempermudahsiswamemahamimateri.Selamapelaksanaanprosespembelajarankeaktifansiswaharusdiciptakanagarsiswadapatmemperolehpengetahuanbaru.Namunterdapatpermasalahanyangditemukanyaitugurulebihdominandenganmenggunakanmetodeceramahsehinggakurangnyakeaktifansiswaselamaprosespembelajaransertahasilbelajaryangdiperolehtidakmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusdimulaidaritahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXPerbankanSyariahyangberjumlah20siswa.Teknikpengumpulandatamelaluiobservasidantes.Sedangkananalisisdatameliputidataaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.HasilanalisisdataaktivitasbelajarsiswadarisiklusIterdapatbeberapaaktivitasyangbelumnampakselamaprosespembelajarandiantaranyaoralactivitiesdanmentalactivities.SedangkanpadasiklusIIdiketahuiindikatoraktivitasbelajaryangdicapaitelahoptimal.HaliniditunjukkandenganpermasalahanyangdihadapidisiklusIdapatdiminimalisirpadasiklusII.HasilbelajarsiswapadasiklusIdiperoleh53%denganketuntasansecaraindividu8siswadari15siswa.HasilketuntasanpadasiklusIIsebesar80%denganketuntasanindividumencapai12siswadari15siswa.BerdasarkanpadapenelitiandisimpulkanpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraydapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXPerbankanSyariahdiSMKMuhammadiyah5Kepanjen.DarikesimpulantersebutmakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranaktifyaitumodelpembelajaranTwoStayTwoStrayyangdapatmembantusiswamemahamimaterisertahasilbelajaryangmaksimal.Sedangkanbagipenelitiselanjutnyadapatlebihmatangmempersiapkankebutuhanpenelitiantermasukinstrumen.