Implementasi kegiatan pembelajaran pada Program Full Day School di SMK Jurusan Akuntansi Kabupaten Malang / Eka Viradayanti
Main Author: | Viradayanti, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35198/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKViradayantiEka.2018.ImplementasiKegiatanPembelajaranpadaProgramFullDaySchooldiSMKJurusanAkuntansiKabupatenMalang.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.Hj.EndangSriAndayaniS.EM.Si.AkKataKunciImplementasikegiatanpembelajaranfulldayschoolPelaksanaanprogramfulldayschoolmenyebabkanpenambahanwaktubelajardisekolahuntukkegiatanintrakurikulerkokurikulerdanekstrakurikuleryangbertujuanuntukpenguatankarakterpesertadidik.Penambahanjambelajarmenimbulkankejenuhansiswasehinggadibutuhkanmetodepembelajaranyangmenyenangkanuntukmengatasimasalahtersebut.Penggunaanmetodepembelajarangurudipertimbangkanterhadapsaranadanprasaranayangdimilikisekolah.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifmultisitusyangmelibatkanbeberapasitusdenganasumsisitusyangdijadikansubjekpenelitianmemilikikarakteristikyangsama.Kehadiranpenelitidilapangansebagaihumaninstrumentuntukpengumpulandatadenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Temuanpenelitianiniantaralaina.PelaksanaankegiatanintrakurikulerkokurikulerdanekstrakurikulerSMKMuhammadiyah5Kepanjen(1)jadwalpelaksanaanbelumsesuai(2)kegiatanpembelajaransudahmenanamkankarakter(3)Guruberhasilmenciptakanstrategiuntukmencegahsiswabosanmengikutipembelajaran(4)belumsepenuhnyagurumelaksanakankegiatankokurikulerpendalamankompetensidasar(5)kegiatanekstrakurikulermenggunakansistemwajibkurikuler(6)mediadansumberbelajarterbatas.SedangkanSMKNegeri1Turen(1)jadwalpembelajaranbelumsesuai(2)kegiatanpembelajaransudahmenanamkankarakter(3)guruberhasilmenggunakanstrategipembelajaranuntukmengatasikejenuhandankebosanan(4)semuagurumelaksanakankegiatankokurikulerpendalamankompetensidasar(5)kegiatanekstrakurikulermenggunakansistemblok(6)fasilitassudahmenunjangdangurukreatif.b.faktorpendukungdanpenghambat.Faktorpendukungpelaksanaankegiatanintrakurikulerkokurikulerdanekstrakurikulerdiantaranya(1)matapelajaranyangdiampuguruakuntansimenarik(2)faktorinternaldalamdirisiswa(3)pembinaekstrakurikuleryangterpenuhi(4)dukungankepalasekolah(5)lingkunganbelajaryangkondusif(6)fasilitasyangmemadai.Sedangkanfaktorpenghambat(1)siswayangjenuhmengikutipembelajaran(2)kurangnyapembinakegiatankokurikuler(3)kurangnyaketertibansiswa(4)kurangnyamotivasisiswamengikutiekstrakurikulerwajib(5)pembawaanguruketikamengajar(6)kurangnyafasilitas(7)gurudanorangtuakurangmemahamipentingnyalifeskill.Sarandiberikanbagi(1)Gurulebihmemahamikondisidankarakteristikpesertadidiksertameningkatkanpembelajaranyangmenyenangkan(2)sekolahsebagaiinstansiyangberdirisendiridisarankansenantiasamemperhatikansaranadanprasaranamiliksekolah(3)penelitiselanjutnyamengalilebihpelaksanaanfulldayschooldisekolahyangjambelajarnyasesuaidankompetensiguru.