Hubungan antara sikap kepala sekolah terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk inovasi manajemen pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kota Blitar / Luthfi Alfiana Nugraheni
Main Author: | Nugraheni, Luthfi Alfiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3517/ |
Daftar Isi:
- KatakunciteknologiinformasisikapadopsiinovasimanajemenpembelajaranKemajuanteknologiinformasisangatberpengaruhterhadapkemajuanduniapendidikansaatini.Kepemimpinankepalasekolahmemegangperananpentingdalamupayamenghadapiperkembanganteknologiinformasiuntukpendidikan.Kepalasekolahmemungkinkanuntukmemanfatkanteknologiinformasiuntukkegiatanmanajemensalahsatunyaadalahinovasimanajemenpembelajaran.Masalahpenelitianiniadalah(1)bagaimanasikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(2)seberapatinggitingkatadopsikepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(3)apakahadahubunganantarasikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikansikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(2)untukmengetahuiseberapatinggitingkatadopsikepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(3)untukmengetahuihubungansikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajaran.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangandeskriptifkorelasional.UntukitupenelitimengambilsampelkepalasekolahSMPse-kotaBlitardalampenelitianiniuntukmengetahuisejauhmanakepalasekolahmenyikapiteknlogiinformasiyangadadanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajarandisekolah.Instrumenpenelitianinimenggunakanangket.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkan(1)sikapkepalaSLTPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasimasukdalamkategorisangattinggi(2)adopsiteknologiinformasikepalaSLTPse-kotaBlitarmasukdalamkategorisangattinggi(3)terdapathubunganyangsignifikanantarasikapkepalaSLTPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformsidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajarandikotaBlitar.Apabilasikapyangditunjukkanolehseorangkepalasekolahtinggimakaadopsiyangditunjukkanolehkepalasekolahjugalebihtinggi.Begitujugasebaliknyaapabilasikapyangditunjukkanolehkepalasekolahnegatifmakaadopsiyangditunjukkanolehkepalasekolahjugarendah.Darihasilpenelitiandisarankansebagaiberikut(1)Hendaknyakepalasekolahdapatmempertahankansikappositifnyaterhadapteknologiinformasidanpenggunaanteknologiinformasiuntukmanajemenpembelajaransehinggadapatmeningkatkankualitaskinerjasekolahsertadapatmeningkatkankualitassumberdayamanusiadenganterusmengikutikemajuanteknologiinformasidibidangpendidikan.Bagikepalasekolahyangkurangmenerimainovasiteknologiinformasidiharapkanmempunyaisikapyangterbukaterhadapperkembanganteknologiinformasidanlebihmeningkatkanpenguasaandanadopsiteknologiinformasiuntukkegiatansekolah(2)bagiKepalaDinasPendidikandiharapkanmendukungprogramsekolahuntukmemfasilitasisumberbelajaryangmemadaibagipesertadidik(3)bagiPengawasPendidikanhendaknyadapatmengevaluasimengarahkandanmemberikanmotivasikepalasekolahuntuklebihmeningkatkanfasilitasmanajemenpembelajaransertamempertahankansikapkepalasekolahagarselaluterbukaterhadapperkembanganteknologiinformasiuntukdiadopsisebagaisumberbelajar(4)bagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikandiharapkanbagiketuajurusanAdministrasiPendidikandandosenbisamengadakanworkshopmaupunpelatihanyangberkaitandenganteknologiinformasiuntukkepalasekolahsehinggamembantukepalasekolahdalammeningkatkanpengetahuandanpenguasaantentangteknologiinformasiyangbermanfaatuntukmanajemenpembelajarandandapatmeningkatkankualitassumberdayamanusia(5)bagipenelitilainhendaknyadapatdijadikansumberreferensitentangpenelitianteknologiinformasidanbisadikembangkanlebihlanjutuntukpenelitian-penelitianselanjutnyadiantaranyapadajenjangpendidikanyangberbedadandapatdilakukanpenelitiankomparasiantarasekolahnegeridanswasta.