Hubungan antara sikap kepala sekolah terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk inovasi manajemen pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kota Blitar / Luthfi Alfiana Nugraheni

Main Author: Nugraheni, Luthfi Alfiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3517/
Daftar Isi:
  • KatakunciteknologiinformasisikapadopsiinovasimanajemenpembelajaranKemajuanteknologiinformasisangatberpengaruhterhadapkemajuanduniapendidikansaatini.Kepemimpinankepalasekolahmemegangperananpentingdalamupayamenghadapiperkembanganteknologiinformasiuntukpendidikan.Kepalasekolahmemungkinkanuntukmemanfatkanteknologiinformasiuntukkegiatanmanajemensalahsatunyaadalahinovasimanajemenpembelajaran.Masalahpenelitianiniadalah(1)bagaimanasikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(2)seberapatinggitingkatadopsikepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(3)apakahadahubunganantarasikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikansikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(2)untukmengetahuiseberapatinggitingkatadopsikepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasiuntukinovasimanajemenpembelajaran(3)untukmengetahuihubungansikapkepalaSMPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajaran.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangandeskriptifkorelasional.UntukitupenelitimengambilsampelkepalasekolahSMPse-kotaBlitardalampenelitianiniuntukmengetahuisejauhmanakepalasekolahmenyikapiteknlogiinformasiyangadadanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajarandisekolah.Instrumenpenelitianinimenggunakanangket.Berdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkan(1)sikapkepalaSLTPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformasimasukdalamkategorisangattinggi(2)adopsiteknologiinformasikepalaSLTPse-kotaBlitarmasukdalamkategorisangattinggi(3)terdapathubunganyangsignifikanantarasikapkepalaSLTPse-kotaBlitarterhadapteknologiinformsidanadopsinyauntukinovasimanajemenpembelajarandikotaBlitar.Apabilasikapyangditunjukkanolehseorangkepalasekolahtinggimakaadopsiyangditunjukkanolehkepalasekolahjugalebihtinggi.Begitujugasebaliknyaapabilasikapyangditunjukkanolehkepalasekolahnegatifmakaadopsiyangditunjukkanolehkepalasekolahjugarendah.Darihasilpenelitiandisarankansebagaiberikut(1)Hendaknyakepalasekolahdapatmempertahankansikappositifnyaterhadapteknologiinformasidanpenggunaanteknologiinformasiuntukmanajemenpembelajaransehinggadapatmeningkatkankualitaskinerjasekolahsertadapatmeningkatkankualitassumberdayamanusiadenganterusmengikutikemajuanteknologiinformasidibidangpendidikan.Bagikepalasekolahyangkurangmenerimainovasiteknologiinformasidiharapkanmempunyaisikapyangterbukaterhadapperkembanganteknologiinformasidanlebihmeningkatkanpenguasaandanadopsiteknologiinformasiuntukkegiatansekolah(2)bagiKepalaDinasPendidikandiharapkanmendukungprogramsekolahuntukmemfasilitasisumberbelajaryangmemadaibagipesertadidik(3)bagiPengawasPendidikanhendaknyadapatmengevaluasimengarahkandanmemberikanmotivasikepalasekolahuntuklebihmeningkatkanfasilitasmanajemenpembelajaransertamempertahankansikapkepalasekolahagarselaluterbukaterhadapperkembanganteknologiinformasiuntukdiadopsisebagaisumberbelajar(4)bagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikandiharapkanbagiketuajurusanAdministrasiPendidikandandosenbisamengadakanworkshopmaupunpelatihanyangberkaitandenganteknologiinformasiuntukkepalasekolahsehinggamembantukepalasekolahdalammeningkatkanpengetahuandanpenguasaantentangteknologiinformasiyangbermanfaatuntukmanajemenpembelajarandandapatmeningkatkankualitassumberdayamanusia(5)bagipenelitilainhendaknyadapatdijadikansumberreferensitentangpenelitianteknologiinformasidanbisadikembangkanlebihlanjutuntukpenelitian-penelitianselanjutnyadiantaranyapadajenjangpendidikanyangberbedadandapatdilakukanpenelitiankomparasiantarasekolahnegeridanswasta.