Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar dan motivasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK swasta Kota Malang / Wurtiningsih Asri Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Wurtiningsih Asri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/35156/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwiWurtiningsihAsri.2018.PengaruhLatarBelakangSosialEkonomiOrangTuaPrestasiBelajardanMotivasiBelajarSiswaterhadapMinatMelanjutkanStudikePerguruanTinggipadaSiswaKelasXIIProgamKeahlianAkuntansidanKeuanganLembagadiSmkSwastaKotaMalang.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDudungMarufNurisS.Pd.M.Pd.KataKunciLatarBelakangSosialEkonomiOrangTuaPrestasiBelajarMotivasiBelajarMinatMelanjutkanStudiKePerguruanTinggi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)Pengaruhlatarbelakangsocialekonomiorangtuaterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggi.(2)Pengaruhprestasibelajarterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggi.(3)PengaruhmotivasibelajarterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggipadaSiswaKelasXiiProgamKeahlianAkuntansidanKeuanganLembagadiSmkSwastaKotaMalang.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdenganrancanganpenelitianEksplanatoryResearch.PopulasidalampenelitianiniseluruhsiswakelasXIIjurusanakuntansidankeuanganlembagadiSwasraKotaMalangdenganjumlahtotal77siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakanteknikdokumentasidankuisioner.Sumberdatayangdigunakanadalahdataprimeryangberupaangketdandatasekunderyangberupanilairaport.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisregresilinierbergandadenganpengujianhipotesismenggunakanujitdanujiFdenganbantuanprogramSPSSforWindows.Hasildalampenelitianinimenunjukanbahwa(1)latarbelakangsosialekonomiorangtuaberpengaruhpositiftetapitidaksecarasignifikanterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggidengantingkatsignifikansi02720005.(2)prestasibelajartidakberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggidengantingkatsignifikan09800005.(3)motivasibelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggidengantingkatsignifikan00420005.Saranyangdapatdirokemendasikanterkaitdenganhasilpenelitianyangdidapatkanadalah(1)Bagisiswadiharapkanmemilikikeinginanyangtinggiterhadapminatmelanjutkanstudikeperguruantinggisehinggadapatmengembangkankemampuanyangdimiliki.(2)Bagipihaksekolahhendaknyasenantiasamemberikanarahandandorongansertamemberiinformasikepadasiswabahwamenempuhpendidikankejenjangyanglebihtinggisangatpentinguntukmasadepanmereka.(3)Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmengembangkanpenelitiandenganmemperhatikanvariabel-variabellaindiluarpenelitianyangtelahdilakukanselainituuntukmemperolehdatasecaralebihmendalamjugaperluditambahkanmetodewawancarakepadasiswasecaraacak.