Manajemen peserta didik di Sekolah Satu Atap (studi kasus di SMP Negeri Merjosari Kota Malang dan SMP Negeri 2 Dau Kabupaten Malang) / Moh. Irfan

Main Author: Irfan, Moh.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3515/
Daftar Isi:
  • KatakuncimanajemenpesertadidiksekolahsatuatapManajemensangatdiperlukansetiaplembagaatauorganisasiuntukmengaturkegiatan-kegiatanyangdiselenggarakan.Suatulembagaatauorganisasibaikyangbersifatsederhanamaupunyangbersifatkompleksharusmenerapkanmanajemenyangbaikjikainginmencapaitujuanyangmaksimal.Salahsatulembagayangbersifatkompleksyaitusekolah.Didalamsuatusekolahmanajemenpesertadidikmendudukitempatyangsangatpentingkarenasentrallayananpendidikandisekolahterdapatpadapesertadidikdanpesertadidikdisekolahmerupakanunsurintidalamkegiatanpendidikan.SehinggamanajemenpesertadidikditerapkandisemuasekolahtermasuksekolahterpaduantaraSDdanSMPyangmerupakanprogrampemerintahuntukmemeratakanpendidikandanmerealisasikanprogramwajibbelajarsembilantahunyangdisebutsebagaiSekolahSatuAtap.PenelitianinidilakukandiSekolahSatuAtapyaitudiSMPNegeriMerjosariKotaMalangdanSMPNegeri2DauKabupatenMalangdengantujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikanmengenaimanajemenpesertadidikdikeduasekolahtersebut.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisrancanganstudikasus.Prosedurpengumpulandatayangdilakukandalampenelitianiniyaitu(1)wawancara(2)observasidan(3)studidokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksidatadisplaydatadanverifikasidata.Kesimpulanyangdiperolehdalampenelitianiniyaitu(1)perencanaanpesertadidikdiSMPNMerjosaridanSMPN2Daudiawalidenganpenentuanpagupesertadidikyangditerima.Penentuanjumlahrombonganbelajarditetapkanolehdinassesuaidenganperaturankhususbagisekolahsatuatap.JumlahrombonganbelajardiSMPNMerjosariadasembilansedangkandiSMPN2Dauterdapattigarombonganbelajar(2)PenerimaanPesertaDidikBaru(PPDB)kegiatanawalyangdilakukandiSMPNMerjosaridanSMPN2DauyaitupembentukanpanitiaPPDByangselanjutnyamelakukanrapatketentuanPPDB.SistemPPDByangdigunakandiSMPNMerjosaribagicalonpesertadidikyangberasalselaindariSDNMerjosariIVyaitusistemonlinedansistemmandiriyangdiadakanolehsekolahsendirisedangkandiSMPN2DausistemPPDByangdigunakanbagicalonpesertadidikyangberasalselaindariSDNKucur2yaiturankingNUN(3)pengelompokanpesertadidikbarudiSMPNMerjosariberdasarkanNUNatautesdanberdasarkanrasiopria-wanita.SedangkanpesertadidikbarudiSMPN2Daudikelompokkanmenjadisatukelas.UntukpengelompokanpadasaatKBMdikeduasekolahtersebutdiaturolehmasing-masingguruyangsedangmengajar(4)mutasidandropoutpesertadidikpadakeduasekolahtersebutterdapatmutasimasukdankeluar.Mutasikeluardilakukanpesertadidikkarenamerekamengikutiorangtuayangpindahrumah.Selainmutasipesertadidikdikeduasekolahtersebutjugaseringterjadidropoutpesertadidik.Penyebabdropouttersebutsebagianbesarkarenakondisiekonomiorangtuayangkurangmampudandaripesertadidiksendiriyangtidakmausekolah(5)pengaturandisiplindantatatertibpesertadidikdiSMPNMerjosaridanSMPN2Daudiatursepenuhnyaolehpihaksekolahterutamaolehbagiankesiswaansebagaipenanggungjawab.Tatatertibdisusunberdasarkanpoin-poin(6)pembinaanpesertadidikdiberikandalamkegiatanekstrakurikuler.KegiatanekstrakurikuleryangadadiSMPNMerjosarimeliputi(a)futsal(b)bacaAl-Quran(c)senitari(d)karate(e)bolavoli(f)KIR(g)Pramuka(h)BDI(i)EFFdan(j)keputrian.Selainitujugaterdapatlayanankhususpesertadidikyangmeliputi(a)perpustakaan(b)kantin(c)koperasisekolahdan(d)BK.SedangkankegiatanekstrakurikulerdiSMPN2Daumeliputi(a)Pramuka(b)olahraga(c)kerohanian(d)bahasaasingdan(e)senibudaya.Sertalayanankhususpesertadidikyaitu(a)BK(b)perpustakaan(c)kantindan(d)UKS(7)penilaianpesertadidikdiSMPNMerjosaridandiSMPN2Daudibedakanmenjadiempatyaitu(a)tugasharian(b)ulanganharian(c)UTSdan(d)UAS.KriteriapenilaianpesertadidikyangdigunakanpadakeduasekolahtersebutadalahKKMsehinggabagipesertadidikyangnilainyabelummemenuhiKKMharusmengikutiprogramremidial.Keduasekolahtersebutmenggunakanmasterylearningdalampembelajarannya.Berdasarkankesimpulansaran-saranyangdiajukanpenelitiyaitu(1)bagiKepalaSMPNMerjosarihendaknyadenganditetapkannyaSMPMerjosarisebagaiSekolahSatuAtapsegalapengelolaannyadilaksanakansecaraterpadubaikterpadusecarafisikmaupunsecarapengelolaan.Misalnyaterpadumengenailokasisekolahkepalasekolahgurudanmanajemennya.Selainitupihaksekolahjugalebihmemperhatikanpesertadidikagartidakseringterjadidropoutpesertadidik.SedangkanbagiKepalaSMPN2Dauhendaknyaberupayauntukselalumemperbaikisistemmanajemenpesertadidikdisekolahagarsemakinbaikmulaiperencanaansampaievaluasi.Sehinggapesertadidikdisekolahmerasanyamandanmerasadiperhatikandalambelajarsertadapatmencapaitujuanpendidikannyadenganefektifdanefisien.Pihaksekolahjugasebaiknyaselalugiatmengadakankegiatanyangdapatmemotivasipesertadidikuntukbelajardanmengurangiangkadropout(2)bagiparadosendanketuajurusanAdministrasiPendidikandapatselalumemberikankontribusiterhadappelaksanaanmanajemenpesertadidikdiSekolahSatapkarenasekolahSatapmerupakansekolahbaruyangmasihbanyakmembutuhkanperbaikan(3)bagiKepalaDinasPendidikandanKebudayaansebaiknyaselalumelakukanpengawasandanevaluasiterhadappenyelenggaraanSekolahSatapsehinggapelaksanaanSekolahSatapsesuaidengankriteriadanperaturan-peraturankhususbagipenyelenggaraanSekolahSatap.SelainitujugalebihseriusmenanganimasalahdropoutpesertadidikdiSekolahSatapagartidakseringterjadidan(4)bagipenelitilainhendaknyadapatmelakukanpenelitiansejenisdisekolahSatapmengenaisubstansimanajemenpendidikanselainmanajemenpesertadidiksehinggahasilpenelitianyangdilakukannantinyadapatdigunakanuntukmemperbaikimanajemenpendidikandisekolahSatap.