Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening / Siti Ma'rifah
Main Author: | Ma'rifah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35148/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMarifahSiti.2018.PengaruhPersepsiSiswapadaCitraSekolahterhadapHasilBelajarMelaluiMotivasiBelajarSiswasebagaiVariabelInterveningSkripsiJurusanAkuntansi.FakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.H.CiptoWS.E.M.Pd.M.SiAk.CA.KatakunciCitraSekolahMotivasiBelajardanHasilBelajar.Hasilbelajarakuntansimerupakanhasilyangdiperolehseseorangdariprosespembelajaran.Faktor-faktoryangmempengaruhihasilbelajardiantaranyaadalahpersepsisiswatentangcitrasekolahdanmotivasi.Siswayangmemilikitingkatpersepsiyangbaikterhadapcitrasekolahakancenderungmemilikimotivasiyangtinggidanhasilbelajarnyajugaakanbaik.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhpersepsisiswatentangcitrasekolahdenganmotivasibelajarsebagaivariabelinterveningterhadaphasilbelajarakuntansisiswa.Rancanganpenelitianiniadalahpenelitianekspanasi.Teknikpemilihansampelmenggunakanproportionalrandomsampling.PopulasipenelitianadalahseluruhkelasXIAkuntasidiSMKN2danSMKPGRI2Kediriyangberjumlah239siswasedangkansampelyangdiambilberjumlah149siswa.TeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahAnalisisJalur(PathAnalysis).Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhpersepsisiswatentangcitrasekolahterhadapmotivasibelajarsiswadiSMKPGRI2danSMKN2Kediri(2)PegaruhpersepsisiswatentangcitrasekolahberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswadiSMKPGRI2danSMKN2Kediri(3)pengaruhtidaklangsungpersepsisiswatentangcitrasekolahterhadaphasilbelajarsiswadiSMKPGRI2danSMKN2Kediridan(4)pengaruhmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswadiSMKPGRI2danSMKN2Kediri.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)adapegaruhyangsignifikanpersepsisiswatentangcitrasekolahterhadapmotivasibelajarsiswaSMKPGRI2danSMKN2Kediri(2)adapengaruhyangsignifikanpersepsisiswatentangcitrasekolahterhadaphasilbelajarsiswaSMKPGRI2danSMKN2Kediri(3)adapengaruhtidaklangsungyangsignifikanpersepsisiswatentangcitrasekolahterhadaphasilbelajarsiswaSMKPGRI2danSMKN2Kediridan(4)adapengaruhyangsignifikanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswaSMKPGRI2danSMKN2Kediri.Disarankanbagikepalasekolahgurudanstafyangterkaituntukmembenahidanmeningkatkannilaisekolahnyasehinggamampumeningkatkannilaicitrayangbaikataupositifuntuksekolah.Dandisarankanbagipenelitiselanjutnya(a)menggunakanpopulasidansampelyanglebihluassertamenambahvariabelindependendan(b)teknikpengumpulandatadapatditambahsepertimenggunakanteknikobservasidanwawancarasehinggadatayangterkumpuldapatlebihlengkapmendalamdanakurat.