Manajeman lingkungan sekolah pemenang UKS dan Adiwiyata Nasional (Studi kasus di SDN Tunjungsekar 1 Malang) / Lutfia Ningtyas
Main Author: | Ningtyas, Lutfia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3513/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimanajemenlingkungansekolahpemenangUKSadiwiyataLingkunganyangbersihmempunyaidampakpositiftidakhanyauntuksiswayangsedangbelajarnamunparapendidikdanseluruhkomponensekolah.PemerintahmenetapkanprogramlingkunganantaralainUKSdanAdiwiyatauntukmenciptakansekolahbersihdansehat.KegiatanutamadiarahkanpadaterwujudnyakelembagaansekolahyangpedulidanberbudayalingkunganbagisekolahdasardiIndonesia.Programinimenerapkanprinsipdasaryaitupartisipatifdimanakomunitassekolahterlibatdalammanajemensekolahyangmeliputikeseluruhanprosesperencanaanpelaksanaandanevaluasisesuaitanggungjawabdanperansertaberkelanjutandimanaseluruhkegiatanharusdilakukansecaraterencanadanterusmenerussecarakomprehensif.PenelitimelakukanpenelitiandiSDNTunjungsekar1MalangkarenasekolahmemilikiberbagaipenghargaandalambidangUKSmaupunAdiwiyata.Fokuspadapenelitiandiantaranyatentang(1)kebijakanmanajemenlingkungansekolahyangditerapkandiSDNTunjungsekar1KotaMalang(2)perencanaanprogramadiwiyatadanUKSyangditerapkandiSDNTunjungsekar1KotaMalang(3)prosesperawatandanpemeliharaanlingkungansekolahyangditerapkandiSDNTunjungsekar1KotaMalang(4)evaluasiprogramadiwiyatadanUKSyangditerapkandiSDNTunjungsekar1KotaMalang.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifyanglebihmenekankansegiprosesdaripadahasil.Jenispenelitianyangdigunakanadalahstudikasushalinidikarenakanpenelitimemilikitujuanuntukmempertahankankeutuhandariobjekyangditeliti.Dalampendekatankualitatifpenelitiberperansebagaiinstrumenkunci.SedangkansubjekpenelitianadalahkepalasekolahguruadiwiyatadanguruUKS.PenelitianinimengambilobjekdiSDNTunjungsekar1Malang.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahkata-katatindakandandokumentasi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.Tahapan-tahapanyangdilakukanpadaanalisisdataadalahreduksidatadisplaydatadanverifikasidata.TeknikkeabsahandatadalampenelitianiniadalahmenggunakanTriangulasimetodedaTriangulasisumber.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakebijakanmanajemenlingkungansekolahprogramAdiwiyatadanUKSdicetuskandenganlatarbelakanglingkunganyangadadiSDNTunjungsekar1Malangsangatmemadai.Dapatdilihatdarisegilahanpepohonandanjugakondisiudara.Perencanaankebijakanmanajemenlingkungansekolahdilakukanolehkepalasekolahguru-gurudanstafkaryawan.Dasarpengambilankeputusankepalasekolahadalahberdasarkankewenanganyangdimiliki.PerencanaanprogramAdiwiyatadanUKSyangdilakukanSDNTunjungsekar1KotaMalangadalahpembuatankebijakandalammanajemenlingkungansekolahpembentukanstrukturorganisasiyangmenanganimasalahlingkungansekolahpembagiankelompokkerjamulaidarikebunkantinBSM(BankSampahMalang)kebersihankamarmandidantoga(tanamanobatkeluarga)yangsecaralangsungditunjukolehkepalasekolah.PerawatandanpemeliharaanlingkunganSDNTunjungsekar1KotaMalangdilakukansecaraberkesinambunganolehorang-orangyangtelahditunjukkepalasekolahdenganbagianpekerjaanmasing-masing.Bentukpembagiankerjayangditerapkanadalahbersifatfungsionalmenurutkeahliannyaataukemampuanyangdimiliki.KegiatanevaluasiprogramAdiwiyatadanUKSdiSDNTunjungsekar1Malangdilakukansetiapduaminggusekali.EvaluasiinitidakhanyauntukAdiwiyatamaupunUKStetapiseluruhkegiatanyangadadisekolah.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbagi(1)kepalaSDNTunjnungsekar1MalangdapatselalumemotivasidanmempertahanankanpelaksanaanmanajemenlingkungansekolahdiSDNTunjungsekar1Malang(2)guruSDNTunjungsekar1MalangdiharapkanmampumenjalankansecaraseimbangantaratugasmengajardanjugatugaslainsebagaianggotatimAdiwiyatamaupunUKS(3)KepalaDinasPendidikanKotaMalangdiharapkanmampumenerapkansekolahberbudayalingkunganuntukmembinalingkungansekolahbersihdansehatdiKotaMalang(4)orangtuadanmasyarakatdiharapkanpendukungdariprogram-programmanajemenlingkungansekolahyangadadiSDNTunjungsekar.(5)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanbermanfaatdalammengoptimalkanpelaksanaanmanajemenlingkungansekolahsehinggadapatdijadikancontohuntukdilaksanankandalamlingkungankampus(6)mahasiswaAdministrasiPendidikandiarahkanuntuklebihbanyakberkontribusidalammanajemenlingkungansekolah(7)penelitilaindiharapkanmampumemanfaatkanhasilpenilitianinidengansebaik-baiknya.