Pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis autoplay media studio 8 dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Gadis Dwi Istiqomah

Main Author: Istiqomah, Gadis Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/35106/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIstiqomahGadisDwi.2017.PengaruhPenggunaanMultimediaInteraktifBerbasisAutoplayMediaStudio8DanGayaBelajarUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranAkuntansiDiSMKNEGERI1PASURUAN.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SupartiM.PKatakunciMultimediaInteraktifberbasisAutoplaymediastudio8GayaBelajarHasilBelajarAkuntansi.Dalamprosesbelajarmengajarmediamemilikiperananpentingsebagaialatmenyampaikanmaterikepadasiswa.Namungurumasihmelaksanakanpembelajarandenganmetodeceramahyangmenyebabkansiswajenuhdanbosansaatkegiatanpembelajaranberlangsung.Metodeceramahjugakurangmenggalikemampuansiswasehinggasiswatidakdapatmembangunpengetahuannyasendiriyangmenyebabkanrendahnyahasilbelajar.Hasilobservasiawaldibeberapasekolahjugamemilikipermasalahanyangsamayaitudimanahasilbelajarsiswadalammatapelajaranakuntansimenunjukkandibawahkriteriaketuntasanminimal.Namunpenggunaanmediapembelajarbelumtentudapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganberbedanyagayabelajaryangdimilikipadamasing-masingsiswa.OlehkarenaituperludilakukanpenelitianpengaruhmultimediainteraktifdangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswadiSMK1Pasuruan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhmultimediainteraktifberbasisAutoplayMediaStudio8terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaransiklusakuntansiperusahaanjasa(2)pengaruhgayabelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaransiklusakuntansiperusahaanjasa(3)pengaruhinteraksiantaramultimediainteraktifberbasisAutoplayMediaStudio8dangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaransiklusakuntansiperusahaanjasa.Rancanganpenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankuantitatif(QuantitatifResearch)denganmetodepenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianeksperimenkuasi(QuasiExperimentalDesaign).DesaineksperimensemuyangdigunakanpenelitiadalahFactorialDesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMK1Pasuruanyangberjumlah105siswadengansampelyangditelitisejumlah70siswa.Instrumenyangdigunakanberupaangketdanpretestposttest.DidalampenelitianinipenelitimenggunakanujitwowayanovadengandibantuprogramSPSS16forWindows.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)Diperolehnilaisignifikansi0033