Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap partisipasi siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Berbek Kabupaten Nganjuk / Weny Arfilia

Main Author: Arfilia, Weny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/35069/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArfiliaWeny.2017.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningterhadapPartisipasiSiswadanHasilBelajarSiswaKelasXIIPSSMANegeri1BerbekKabupatenNganjuk.Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BambangSugengSEMAMMAkKataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningPartisipasiSiswaHasilBelajar.Partisipasidanhasilbelajarsiswaditentukanolehbeberapafaktor.Salahsatufaktoryangdapatmempengaruhipartisipasidanhasibelajaradalahmodelpembelajaran.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdimanfaatkanuntukmemaksimalkanpartisipasidanhasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranakuntansiadalahmodelpembelajaranproblembasedlearning.Modelpembelajaranproblembasedlearningmerupakanmodelpembelajaranyangbersifatactivelearning.Modelpembelajaranproblembasedlearningmerupakanmodelpembelajaranyangmemberikansuatupermasalahankepadasiswauntukdiselesaikan.Padapenerapannyamodelpembelajaranproblembasedlearningmengarahkepadasiswa(studentcentered).Modelpembelajaranproblembasedlearningmampumendorongsiswauntukmeningkatkanpartipasidanhasilbelajarnya.NamunpadakenyatannyadiSMANegeri1BerbekKabupatenNganjuk.Guruekonomimasihmenggunakanmodelpembelajarankonvensionaldenganalasanmodelpembelajarankonvesionalyangcocokuntukditerapkanuntukmatapelajaranakuntansi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadappartisipasidanhasilbelajarsiswakelasXIIPSSMANegeri1BerbekKabupatenNganjuk.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdengandesainQuasyEksperiment.PopulasipadapenelitaininiadalahseluruhsiswakelasXIIPSSMANegeri1BerbekKabupatenNganjuk.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIIPS1sebagaikelaskontroldanXIIPS3sebagaikelaseksperimen.Datapartisipasisiswadiperolehdariobservasidanwawancarakepadasiswa.Datahasilbelajardiperolehdarinilaiposttestsiswa.Instrumentpenelitianiniadalahlembarobservasipedomanwawancaradantesyangterdiridaripretest-pottest.AnalisisdatadibantudengansoftwareSPSS24forwindows.SehinggadapatdiketahuibahwapadapenelitianiniterdapatpengaruhpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadappartisipasidanhasilbelajarsiswakelasXIIPSSMANegeri1BerbekKabupatenNganjuk.Saranuntukpenelitianselanjutnyahendaknyapadapenelitianselanjutnyamenambahkanangketterbukasebagaipengumpulandatasehinggadatayangdiperolehtidakhanyasecaraumumtetapidapatmenyeluruhdanlebihakuratsertamateriyangdieksperimekansebatasjurnalpenyesuaianperusahanjasasehinggapadapenelitianselanjutnyadapatmengambilmaterilainuntukdilakukanpenelitian.ABSTRACKArfiliaWeny.2017.TheInfluenceApplicationProblemBasedLearningModeltoStudentsParticipationandStudentsLearningOutcomesofXIIPSSMAN1BerbekKab.Nganjuk.ThesisAccountingEducationStudyProgramAccountingDepartementEconomicsFacultyofStateUniversityofMalang(1)Prof.Dr.BambangSugengSEMAMMAkKeywordProblemBasedLearningStudentsParticipationLearningOutcomes.Studentparticipationandlearningoutcomesaredeterminedbyseveralfactors.Oneofthefactorsthatcaninfluencetheparticipationandlearningoutcomesisthelearningmodel.Oneofthelearningmodelsthatcanbeutilizedtomaximizetheparticipationandlearningoutcomesofstudentsespeciallyonthesubjectofaccountingisamodeloflearningproblembasedlearning.Modeloflearningproblembasedlearningisalearningmodelthatisactivelearning.Modeloflearningproblembasedlearningisalearningmodelthatgivesaproblemtothestudentstobecompleted.Intheapplicationoflearningmodelproblembasedlearningleadstostudents(studentcentered).Problem-basedlearningmodelcanencouragestudentstoincreasetheirparticipationandlearningoutcomes.ButinrealityinSMANegeri1BerbekNganjuk.Economicsteachersarestillusingconventionallearningmodelsonthegroundsthatconventionallearningmodelsaresuitabletobeappliedtoaccountingsubjects.Thisstudyaimstodeterminewhetherthereisinfluenceoftheapplicationoflearningproblembasedlearningmodel(PBL)totheparticipationandlearningoutcomesofstudentsofclassXIIPSSMANegeri1BerbekNganjuk.ThisresearchusesquantitativeresearchmethodwithQuasyExperimentdesign.PopulationinthisresearchisallstudentsofclassXIIPSSMANegeri1BerbekNganjuk.ThesampleoftheresearchisthestudentsofclassXIIPS1asthecontrolclassandXIIPS3astheexperimentalclass.Studentparticipationdataisobtainedfromobservationandinterviewtothestudents.Learningresultdataisobtainedfromstudentsposttestscore.Theinstrumentofthisstudyisanobservationsheetinterviewerperdomanandtestconsistingofpretest-pottest.DataanalysisassistedwithSPSS24forwindowssoftware.Soitcanbeseenthatinthisresearchthereisinfluenceofapplyinglearningmodelproblembasedlearning(PBL)totheparticipationandresultofstudentlearningclassXIIPSSMANegeri1BerbekNganjuk.Suggestionsforfurtherresearchshouldbeinsubsequentresearchtoaddanopenquestionnaireasdatacollectionsothatthedataobtainednotonlyingeneralbutcanbecomprehensiveandmoreaccurateandmaterialthatislimitedtotheadjustingjournalofservicecompaniessothatinsubsequentresearchcantakeothermaterialtodoresearch.