Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK / Winarsih
Main Author: | Winarsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35036/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWinarsih.2017.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaDiSMKPadaMataPelajaranAkuntansi.Skripsi.Jurusanpendidikanakuntansi.PembimbingDr.SunaryantoM.edKatakunciModelPembelajaranProblemBasedLearningKemampuanBerpikirKritisHasilBelajar.Kemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswapentinguntukditingkatkandalampembelajaranakuntansi.Dalamupayameningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiwadiperlukanprosespembelajaranyangtepat.ModelPBLmerupakanmodelpembelajaranyangdapatmengembangkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearning(PBL)terhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswapadakelompoksiswayangbelajarmenggunakanmodelPBLdankelompoksiswayangmenggunakanmodelThinkPairShare(TPS).Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudandesainpenelitianyangdigunakanadalahpretestposttestcontrolgroupdesign.populasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXAkuntansidiSMKIslamBatusedangkansampelnyaadalahkelasXAK1sebagaikelaseksperimendanXAK2sebagaikelaskontrol.Setiapkelasyangdijadikansampeldalampenelitianmemilikijumlahsiswayangsama.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupasilabusRPPdanModuldaninstrumenpengukuranberupateskemampuanberpikirkritisdanteshasilbelajar.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasreliabilitasujibedadantarafkesukaran.Datayangdiperolehdianalisisterlebihdahuluuntukmemenuhiujihipotesisyangmenggunakannormalitasdenganujikolmogorovsmirnov(ujiK-S)danjugaujihomogenitasdenganujilevenesstatistics.PadapenelitianiniuntukmengujihipotesisyangdiigunakanadalahUji-tdenganbantunsoftwareSPSS16.0Hasilpenelitianberdasarkanrata-ratakemampuanberpikirkritissiswakelompokyangbelajardengamodelPBLmemilikirata-ratapeningkatankemampuanberpikirkritislebihtinggidarikelompoksiswayangbelajarmenggunakanmodelTPSyaitusebesar2070%14%.BegitujugadenganhasilbelajarsiswahasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelPBLmemilikirata-ratapeningkatanlebihtinggidarikelompoksiswayangmenggunakanmodelTPSyaitusbesar2093%15%.Halinibahwa1)siswayangbelajarmenggunakanmodelPBLmemilikikemampuanberpikirkritislebihtinggidarisiswayangmenggunakanmodelTPS.2)siswayangbelajarmenggunakanmodelPBLmemilikihasilbelajarlebihtinggidarisiswayangmenggunakanmodelpembelajaranTPS.