Pengaruh lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pasuruan / Hanik Soraya

Main Author: Soraya, Hanik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/35017/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSorayaHanik.2017.PengaruhLingkunganKeluargaPersepsiSiswatentangLingkunganSekolahdanInteraksiSosialTemanSebayaterhadapPrestasiBelajarSiswaKelasXAkuntansidiSMKNegeri1Pasuruan.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPrestasiBelajarLingkunganKeluargaPersepsiSiswatentangLingkunganSekolahInteraksiSosialTemanSebaya.Prestasibelajarmerupakantolakukurkeberhasilansuatuprosespembelajaran.Faktoryangmempengaruhiprestasibelajarantaralainlingkungankeluargalingkungansekolahdaninteraksisosialtemansebaya.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhlingkungankeluargapersepsisiswatentanglingkungansekolahdaninteraksisosialtemansebayaterhadapprestasibelajarsiswakelasXAkuntansiSMKNegeri1Pasuruan.PopulasiyangdigunakandalampenelitianadalahseluruhsiswakelasXAkuntansiSMKNegeri1Pasuruanyangberjumlah106siswadandenganteknikproportionalrandomsamplingdigunakansampelsebanyak51siswa.Metodepengumpulandatamenggunakanangketuntukmengukurlingkungankeluargapersepsisiswatentanglingkungansekolahdaninteraksisosialtemansebayasedangkandokumentasiuntukmengambildataprestasibelajarakuntansi.Dalampenelitianiniyangmenjadivariabelbebasadalahlingkungankeluargapersepsisiswatentanglingkungansekolahdaninteraksisosialtemansebayasedangkanvariabelterikatadalahprestasibelajar.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganpengujianhipotesismenggunakanujitdenganbantuanprogramSPSS16forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Terdapatpengaruhpositifsignifikanlingkungankeluargaterhadapprestasibelajar.(2)Terdapatpengaruhpositifsignifikanpersepsisiswatentanglingkungansekolahterhadapprestasibelajar.(3)Terdapatpengaruhpositifsignifikaninteraksisosialtemansebayaterhadapprestasibelajar.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwasemakinbaiklingkungankeluargapersepsisiswatentanglingkungansekolahdaninteraksisosialtemansebayamakaakansemakintinggiprestasibelajaryangdiperolehbegitupulasebaliknya.Keterbatasandalampenelitianiniadalahsubjekpenelitianhanyapadasatusekolahdanmenggunakanteknikangketdalampengumpulandata.Untukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmemperbaikidalamvariabellingkunganyangdigunakanmemperluassubjekpenelitiandanmenggunakanteknikobservasidalampengumpulandata.