Implementasi manajemen pembelajaran berbasis karakter di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang / Qurotu A'yunin

Main Author: A'yunin, Qurotu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3497/
Daftar Isi:
  • KataKuncipendidikankarakterpembelajaranmanajemenpembelajaranSelamainisistempendidikandinilaicukupbaiknamunmasihbanyakdijumpaiketimpangan-ketimpanganyangperluuntuksegeraditindaklanjuti.Prodankontraterhadapsistempendidikanmenjadikanpolemikyangharusdicarisolusinyabaikolehsektorpemerintahmaupunsekolahselakulembagapenyelenggaraprogrampendidikan.Selamainisistempendidikanhanyamengacudancenderungpadaranahkognitifsaja.HaltersebutdapatterlihatdariimplementasiUjianAkhirNasional(UAN)yangmasihmenjadisorotandanmenghadirkanprokontradalammasyarakat.Sementaraituduaranahlainnyayakniafektifdanpsikomotorikyangharusdikembangkankurangmendapatkanperhatian.Padahalsubtansipendidikanadalahmeliputiketigaranahtersebut.Menyikapisistempendidikanyangkurangkomprehensiftersebutsudahseharusnyasistempendidikandibenahisesuaitujuanpendidikannasionalyaknipengembangannilaibudayadankarakterbangsa.Pendidikankarakterdisekolahmerupakankebutuhanvitalagargenerasipenerusdapatdibekalidengankemampuan-kemampuandasaryangtidaksajamampumenjadikannyalife-longlearnerssebagaisalahsatukarakterpentinguntukhidupdierainformasiyangbersifatglobaltetapijugamampuberfungsidenganperansertayangpositifbaiksebagaipribadisebagaianggotakeluargasebagaiwarganegaramaupunwargadunia.Untukituharusdilakukanupaya-upayainstrumentaluntukmeningkatkankeefektifanprosespembelajarannyadisertaipengembangankulturyangpositif.Mengingatpentingnyapendidikanyangberbasiskaraktermakaperludidesainsebuahmanajemenpembelajaranyangmampumengefektifkanpencapaintujuanpembentukankarakterkepadapesertadidik.UntukitulahpenulismelakukanpenelitiantentangImplementasiManajemenPembelajaranBerbasisKarakterdiSMPArRohmahPutriBoardingSchoolMalang.Fokuspenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)implementasimanajemenpembelajaranberbasiskarakterdiSMPArRohmahPutriBoardingSchool(2)kendalayangdihadapidalamimplementasimanajemenpembelajaranberbasiskarakterdiSMPArRohmahPutriBoardingSchooldan(3)solusiyangdapatdigunakanuntukmengurangikendaladalamimplementasimanajemenpembelajaranberbasiskarakterdiSMPArRohmahputriBoardingSchool.PenelitianinidilakukandiSMPArRohmahPutriBoardingSchoolMalangdenganmenggunakanmetodekualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakan(1)wawancara(2)observasidan(3)dokumentasi.Analisispengumpulandatamenggunakan(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)verifikasi.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganmenggunakanteknik(1)memperpanjangkeikutsertaan(2)ketekunanpengamatandan(3)triangulasimetode.Kesimpulanyangdapatditarikdaripenelitianiniadalah(1)ImplementasimanajemenpembelajarandiSMPArRohmahPutriBoardingSchoolMalangdimulaidenganmelakukanpembinaanterhadapseluruhgurudanstafyangterlibatdalampembelajarankaraktermengintegrasikannilai-nilaidankarakterpadasetiapkegiatan(2)kendalayangdihadapiterkaitdenganguruyangkurangberkompetencomplainorangtuasiswaperangkatpembelajaranyangbelumberbasiskarakterdan(3)terkaitdengansolusiyangdiberikanuntukmengatasikendalayangada.Berdasarkankesimpulandiatasadabeberapasaranyangdiberikanolehpenelitiyaitu(1)kepadadirekturLPIArRohmahPutriBoardingSchoolMalangdapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagaiacuandalampengembanganlembagayangselanjutnyadijadikanpijakandalammeningkatkankomitmenuntukterusmenerapkanprosespendidikanyangberbasiskarakter(2)kepadakepalasekolahSMPArRohmahPutriBoardingSchooldapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagaiacuanuntukmeningkatkankualitasmanajemenpembelajaranyangberjalandiSMPArRohmahPutriBoardingSchoolMalang(3)kepadagurudapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagaiacuanuntuksenantiasameningkatkankompetensidirinyasebagaiteladandalampembelajaranpendidikanyangberbasiskarakterkepadapesertadidik(4)kepadaPengelolaJurusanAdministrasiPendidikanFIPUMdapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagaibahanliteraturdanbahanreferensiuntukpengembanganilmumanajemenpendidikankhususnyadibidangmanajemenpembelajarandankepadapenelitilaindapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagaiacuandalampenelitianberikutnyadan(5)kepadapenelitilaindapatmenjadikanpenelitianinisebagaibahanreferensidandikembangkanuntukpenelitianselanjutnya.