Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis lagu dipadu dengan visualisasi stop motion dan evaluasi materi jurnal penyesuaian pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Malang / Rully Nur Rahim
Main Author: | Rahim, Rully Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34858/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahimRullyNur.2016.PengembanganMediaPembelajaranAkuntansiBerbasisLaguyangdipadudenganVisualisasiStopmotiondanEvaluasiMateriJurnalPenyesuaianpadaMataPelajaranAkuntansiPerusahanJasauntukKelasXAkuntansi1SMKNegeri1Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbinga(1)Dr.H.TuhardjoS.E.M.Si.Ak.(II)Dr.EkaAnantaS.SE.MM.AkCA.Katakuncimediaakuntansilaguanimasi.Padamatapelajaranakuntansiyangseringkalidiabaikanadalahmengenaipenggunaankerjaotak.Prosespembelajaranakuntansilebihdominanmenggunakanotakkiriyangberperandalammengolahdataseputarangkatanpamengoptimalkankerjaotakkananyangberperandalammengolahdataseputargambardanmusik.Akibatnyakonsentrasisiswamenuruncepatmerasajenuhdanmotivasibelajarrendah.Salahsatucarayangdapatmenyeimbangkankerjaotakyaitulewatlagudananimasi.Penggunaanlagudananimasididalampembelajaranakuntansitidakhanyadijadikaniringantetapijugasebagaimediauntukmenyampaikanmateripembelajaran.Konsepakuntansidapatdimasukakankedalamliriklagu.Sehinggadenganlaguotakmendapatduapekerjaansekaligus.Otakkirimemahamiliriklagudanotakkananmenikmatialunanmusiknya.Agarhasillebihoptimaljugadisertaidenganadanyaanimasiyangmenggunakanstopmotion.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranakuntansiberbasilaguyangdipadudenganvisualisasistopmotiondisertaievaluasipembelajaranberupakuispadamasing-masingvideountukmeningkatkanmotivasibelajarsiswasertamenyeimbangkankerjaotakkanandankiri.ProdukakhirdikemasdalambentukCDyangterdiridarilaguanimasidankuis.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniyaitumodelpegembanganBorgandGallyanghanyadiambilhinggalangkahketujuhyaituprodukakhir.Langkah-langkahtersebutterdiridaritigabagianpokokyangsudahdimodifikasiyaitustudilapanganpengembanganprodukdanujicobaproduk.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukanmenggunakaninstrumenberupaangketkepadaahlimateriahlimediasiswadanguru.Berdasarkanhasilanalisisdataujicobaterbatasdiketahuitingkatkelayakanmediapembelajaranyangdikembangkanmenurutahlimaterisebesar78%menurutahlimediasebesar91%menurutsiswasebesar92%danmenurutgurusebesar85%.Sehinggaapabilahasiltersebutdihitungsecarakeseluruhanmakadiperolehrata-ratasebesar85.6%.HasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaMediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriterialayakdansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.