Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis lagu dipadu dengan visualisasi stop motion dan evaluasi materi jurnal penyesuaian pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Malang / Rully Nur Rahim

Main Author: Rahim, Rully Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/34858/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahimRullyNur.2016.PengembanganMediaPembelajaranAkuntansiBerbasisLaguyangdipadudenganVisualisasiStopmotiondanEvaluasiMateriJurnalPenyesuaianpadaMataPelajaranAkuntansiPerusahanJasauntukKelasXAkuntansi1SMKNegeri1Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbinga(1)Dr.H.TuhardjoS.E.M.Si.Ak.(II)Dr.EkaAnantaS.SE.MM.AkCA.Katakuncimediaakuntansilaguanimasi.Padamatapelajaranakuntansiyangseringkalidiabaikanadalahmengenaipenggunaankerjaotak.Prosespembelajaranakuntansilebihdominanmenggunakanotakkiriyangberperandalammengolahdataseputarangkatanpamengoptimalkankerjaotakkananyangberperandalammengolahdataseputargambardanmusik.Akibatnyakonsentrasisiswamenuruncepatmerasajenuhdanmotivasibelajarrendah.Salahsatucarayangdapatmenyeimbangkankerjaotakyaitulewatlagudananimasi.Penggunaanlagudananimasididalampembelajaranakuntansitidakhanyadijadikaniringantetapijugasebagaimediauntukmenyampaikanmateripembelajaran.Konsepakuntansidapatdimasukakankedalamliriklagu.Sehinggadenganlaguotakmendapatduapekerjaansekaligus.Otakkirimemahamiliriklagudanotakkananmenikmatialunanmusiknya.Agarhasillebihoptimaljugadisertaidenganadanyaanimasiyangmenggunakanstopmotion.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranakuntansiberbasilaguyangdipadudenganvisualisasistopmotiondisertaievaluasipembelajaranberupakuispadamasing-masingvideountukmeningkatkanmotivasibelajarsiswasertamenyeimbangkankerjaotakkanandankiri.ProdukakhirdikemasdalambentukCDyangterdiridarilaguanimasidankuis.MetodeyangdigunakandalampenelitianpengembanganiniyaitumodelpegembanganBorgandGallyanghanyadiambilhinggalangkahketujuhyaituprodukakhir.Langkah-langkahtersebutterdiridaritigabagianpokokyangsudahdimodifikasiyaitustudilapanganpengembanganprodukdanujicobaproduk.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukanmenggunakaninstrumenberupaangketkepadaahlimateriahlimediasiswadanguru.Berdasarkanhasilanalisisdataujicobaterbatasdiketahuitingkatkelayakanmediapembelajaranyangdikembangkanmenurutahlimaterisebesar78%menurutahlimediasebesar91%menurutsiswasebesar92%danmenurutgurusebesar85%.Sehinggaapabilahasiltersebutdihitungsecarakeseluruhanmakadiperolehrata-ratasebesar85.6%.HasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaMediapembelajaranyangdikembangkansudahmemenuhikriterialayakdansecarakeseluruhandinyatakanbaiksertadapatdigunakandalampembelajaran.