Pengaruh model project based learning terhadap self-regulated learning dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Ayu Tri Irvianti

Main Author: Irvianti, Ayu Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/34833/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrviantiAyuTri.2016.PengaruhModelProjectBasedLearningTerhadapSelf-RegulatedLearningdanHasilBelajarAkuntansiSiswaKelasXAkuntansiDiSMKNegeri1SookoMojokerto.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DianaTienIrafahmiS.Pd.M.Ed(II)BetyNurAchadiyahS.Pd.M.Sc.KataKunciModelProjectBasedLearningSelf-RegulatedLearningHasilBelajarModelprojectbasedlearningmerupakansalahsatumodelpadapendekatansaintifikdimanapesertadidikbersamakelompokmelaksanakansebuahproyekyangnantinyaakanmenghasilkanprodukkaryasiswayangbernilaidanrealistik.Melaluimodelprojectbasedlearningsiswadidoronguntukmemilikikemampuanbelajarmandiriyangmenggunakanaspekmetakognisimotivasidanregulasidiri.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelprojectbasedlearningterhadapself-regulatedlearningdanhasilbelajarakuntansi.PenelitianinidilakukandiSMKNegeri1SookoMojokertodenganpopulasisiswakelasXAK.DalampenelitianinikelasXAK1danXAK2merupakansubjekpenelitian.Jenispenelitianyangdigunakanadalahkuasieksperimendenganrancanganpenelitiannonequivalentpretest-postestcontrolgroupdesign.AnalisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahujibedamenggunakanIndependentSampleT-testdanUjiMann-Whitney.Penelitianmenunjukanbahwamodelprojectbasedlearningtidakberpengaruhterhadapself-regulatedlearningnamunadapengaruhterhadaphasilbelajarakuntansi.Halmenarikpadapenelitianiniadalahbahwahasilbelajarlebihcepatditingkatkandibandingself-regulatedlearning.Halinidimungkinkankarenaperilakumanusiamembutuhkanwaktuyanglamauntukberubah.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagargurumenerapkanmodelprojectbasedlearninguntukmeningkatkanhasilbelajardanmemperhatikanprosesuntukmendapatkanself-regulatedlearningmengingatpentingnyaself-regulatedlearningbagipesertadidikuntukdapatmengaturcarabelajaryangefektifdanefisien.