Implementasi kurikulum 2013 pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Swasta Kota Pasuruan (studi kasus di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Gandis Fahmita

Main Author: Fahmita, Gandis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/34815/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFahmitaGandis.2015.ImplementasiKurikulum2013padaKompetensiKeahlianAkuntansidiSMKSwastaKotaPasuruan(StudiKasusdiSMKPGRI1Pasuruan).SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.BambangSugengS.EM.AM.MAk(II)Dr.SunaryantoM.Ed.KataKunciKurikulum2013KompetensiAkuntansiPadatahun2013pemerintahtelahmenetapkanbeberapasekolahuntukditunjukmenggunakankurikulum2013dankepadasekolahyangsiapmenerapkannya.PengimplementasianpadaprosespembelajaransesuaistandarprosesyangberlakuyangmenjadikankonsepKurikulum2013dimaksudkanuntukagarterbentukgenerasiproduktifkreatifinovatifdanafektif.Namunpadasekitarakhirtahun2014KementerianPendidikandanKebudayaanberalihkeputusandenganmenghentikanpelaksanaanKurikulum2013untuksementara.HalinididasarkanpadasumbermasalahkonseptualyangbanyakterjadidilapanganakibatketidaksiapanpelaksanakurikulumdalammenerapkanKurikulum2013sehinggakurikuluminimengalamipengkajiankembali.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikanhalyangmencakupimplementasiKurikulum2013sepertipenerapanpadaprosespembelajaranekstrakurikulerdanpelaksanaanstrukturkurikulumsertamengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdanpersepsigurukompetensikeahlianAkuntansidiSMKPGRI1Pasuruan.SehinggadidapatkangambaransecaraalamibagaimanasekolahswastabukansasarandalammelaksanakanKurikulum2013.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatif.Datapenelitianiniberupadatadeskriptifdariparainformantentangapayangpenelitirasakanlakukandanpenelitialamiterhadapfokuspenelitian.Penelitianiniberusahamengungkapgejaladenganmemperhatikanprosesdanmaknadarisudutpandangsubjeklebihdiperlihatkan.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancarasertadokumentasi.Untukmenjagakeabsahandatadilakukankegiatantriangulasidata.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwapelaksanaanKurikulum2013diSMKPGRI1Pasuruantidakoptimal.KesimpulaninididapatkanhasilanalisisdatasebagaiberikutPersepsiwargaSMKPGRI1Pasuruanhanyaterbataspadapengetahuanumumsehinggadalampenerapannyagurudansiswamengalamiketidaksiapan.SelainitusekolahmengalamibanyakkekurangandalammenerapkanstrukturkurikulumdankegiatanekstrakurikulerPramukayangtidakdilaksanakanmengikat.DalamprosespembelajaranakuntansiperangkatpembelajarandanKBMhanyasebagianmencerminkanKurikulum2013.FaktorpendukungterlihatpadasaranalaboratoriumdandukungansekolahsedangkanfaktorpenghambatterdiridarikurangnyakemampuangurumelaksanakanpembelajaranyangaktifsertakaraktersiswayangkurangbaikmenyebabkanpembelajaransesuaiKurikulum2013tidakmaksimal.