Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Uhda Rizki

Main Author: Rizki, Uhda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/34779/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRizkiUhda.2015.EfektivitasPembelajaranKooperatifTipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS)TerhadapMotivasidanHasilBelajarAkuntansiSiswaKelasXISMKMuhammadiyah3Singosari.SkripsiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SunaryantoM.Ed.(2)Drs.H.SumadiS.E.M.M.KataKunciTeamAssistedIndividualizationThinkPairSharePembelajaranKooperatifMotivasiBelajarHasilBelajar.Pembelajarankooperatifadalahpendekatanpembelajaranyangberfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamamemaksimalkankondisibelajaruntukmencapaitujuanbelajar.Pembelajarankooperatifdapatmeningkatkanbelajarsiswalebihbaikdanmeningkatkansikapsalingtolong-menolongdalamperilakusosial.Masalahyangditemukanpadasaatobservasimenunjukkanbahwasiswakurangaktifdancenderungbosandalamprosespembelajaranakuntansidikelas.PersoalantersebutmendorongperlunyadilakukanpenelitianefektivitaspembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS)padasiswakelasXIAkuntansidiSMKMuhammadiyah3Singosari.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemu(quasiexperimental)dengandesainpretest-posttestcomparisongroupdesign.LatardanSubjekpenelitiansiswakelasXIAkuntansidiSMKMuhammadiyah3Singosaridenganjumlahsiswa32untukkelaseksperimenIdan30untukkelaseksperimenII.Teknikpengumpulandatayangdipakaiadalahangketsertapre-tesdanpost-tesinstrumenpenelitianinimenggunakantesdankuesionersedangkananalisisdatamenggunakananalisisujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarapembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS).HasilpengujianhipotesispertamamenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasibelajarsiswakelaseksperimenIdaneksperimenII.HasilpengujianhipotesiskeduamenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswakelaseksperimenIdaneksperimenII.KesimpulanpenelitianiniyaituterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarapembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS).SelainitupembelajarankooperatiftipeTAIlebihefektifdalamhalpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswaakuntansi.Sebagaiimplikasidaripenelitianinigurudisarankanagarlebihkreatifdalammenerapkanmodelpembelajarankarenadenganmenggunakanmodelpembelajarandalamkelasdapatmembuatsuasanapembelajaranlebihmenyenangkansehinggamenimbulkanmotivasidanpeningkatanhasilbelajarsiswa.Penggunaanmodelkooperatifinidapatdijadikansebagaialternatifbagiguruuntukditerapkandalampembelajaranakuntansi.