Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Uhda Rizki
Main Author: | Rizki, Uhda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34779/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRizkiUhda.2015.EfektivitasPembelajaranKooperatifTipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS)TerhadapMotivasidanHasilBelajarAkuntansiSiswaKelasXISMKMuhammadiyah3Singosari.SkripsiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SunaryantoM.Ed.(2)Drs.H.SumadiS.E.M.M.KataKunciTeamAssistedIndividualizationThinkPairSharePembelajaranKooperatifMotivasiBelajarHasilBelajar.Pembelajarankooperatifadalahpendekatanpembelajaranyangberfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamamemaksimalkankondisibelajaruntukmencapaitujuanbelajar.Pembelajarankooperatifdapatmeningkatkanbelajarsiswalebihbaikdanmeningkatkansikapsalingtolong-menolongdalamperilakusosial.Masalahyangditemukanpadasaatobservasimenunjukkanbahwasiswakurangaktifdancenderungbosandalamprosespembelajaranakuntansidikelas.PersoalantersebutmendorongperlunyadilakukanpenelitianefektivitaspembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS)padasiswakelasXIAkuntansidiSMKMuhammadiyah3Singosari.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemu(quasiexperimental)dengandesainpretest-posttestcomparisongroupdesign.LatardanSubjekpenelitiansiswakelasXIAkuntansidiSMKMuhammadiyah3Singosaridenganjumlahsiswa32untukkelaseksperimenIdan30untukkelaseksperimenII.Teknikpengumpulandatayangdipakaiadalahangketsertapre-tesdanpost-tesinstrumenpenelitianinimenggunakantesdankuesionersedangkananalisisdatamenggunakananalisisujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarapembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS).HasilpengujianhipotesispertamamenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasibelajarsiswakelaseksperimenIdaneksperimenII.HasilpengujianhipotesiskeduamenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarsiswakelaseksperimenIdaneksperimenII.KesimpulanpenelitianiniyaituterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarapembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)danThinkPairShare(TPS).SelainitupembelajarankooperatiftipeTAIlebihefektifdalamhalpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswaakuntansi.Sebagaiimplikasidaripenelitianinigurudisarankanagarlebihkreatifdalammenerapkanmodelpembelajarankarenadenganmenggunakanmodelpembelajarandalamkelasdapatmembuatsuasanapembelajaranlebihmenyenangkansehinggamenimbulkanmotivasidanpeningkatanhasilbelajarsiswa.Penggunaanmodelkooperatifinidapatdijadikansebagaialternatifbagiguruuntukditerapkandalampembelajaranakuntansi.