Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri
Main Author: | Putri, Novela Nariska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34726/ |
Daftar Isi:
- PutriNovelaN.2014.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)UntukMeningkatkanAktivitasDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranAkuntansiKelasXIIPSSMANegeri8MalangTahunAjaran2013/2014.Skripsi.JurusanAkuntansiProgramStudiS1PendidikanAkuntansiFEUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.CiptoWardoyoSEM.PdM.SiAkCA.(II)Hj.YuliWidiAstutiS.E.M.Si.Ak.KatakunciMetodeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)AktivitasbelajardanHasilbelajar.122881228812288PelaksanaanpembelajaranakuntansikelasXIIPS1SMANegeri8Malangdisampaikandenganmetodeceramahtanyajawabdanpenugasansehinggasiswacenderungbosandanmalasuntukmenemukanpengetahuannyasendiridalamprosesbelajaryangdapatmempengaruhiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Secaraumumaktivitasdanhasilbelajaryangdiperolehsiswamasihkurangmemuaskankarenaaktivitassiswadalamprosespembelajarancenderungpasifdanhasilbelajarpadatugas-tugasyangdiberikanmasihkurangdariKKM76.TujuanpenelitianiniadalahdenganPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)diharapkandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMANegeri8Malangtahunajaran2013/2014.122881228812288JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch)dilaksanakandiSMANegeri8Malangpadasemesterduatahunajaran2013/2014.PenelitiandilaksanakanduasiklusdenganmateripelajaranJurnalPenyesuaiandanKertasKerjaPerusahaanDagang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS1yangterdiri15siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Teknikpengumpulandatayaitutesobservasidokumentasidancatatanlapangan.122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.HalinidibuktikandenganmeningkatnyajumlahsiswayangnilainyadiatasKKMdanmeningkatnyaperubahansikapkearahyanglebihbaik.122881228812288Berdasarkandarihasilpenelitiandapatdikemukakansaransebagaiberikut.BagiSekolahmemfasilitasigurudengancaraseringmemberikanpelatihan-pelatihan.BagiGuruMataPelajaranAkuntansiuntukmenerapkanmodelpembelajaraninidikelassehinggadapatmengatasimasalahkeaktifansiswadalampembelajaran.BagiPenelitiSelanjutnya(1)Minimaldalamsatukelompokbelajardidampingiolehsatuorangobserver.Observerdapatmengamatidanmencatatsiswayangmelakukanempataktivitasbelajarsecaradetail(2)Penelitidiharapkanmembuatrekamanvideopadasaatpenelitianberlangsung(3)Penelitidiharapkanuntukmemintabantuantemanlainselainobserveruntukmendokumentasikansemuakegiatanpembelajaran.Agarlebihfokusdantidakterjadikebinggunganakibattugasgandayangharusdilakukan.