Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) dengan media visual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran akuntansi / Muhammad Fadlul Rohman

Main Author: Rohman, Muhammad Fadlul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/34714/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRohmanMuhammadFadlul.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifModelTeamsGamesTournament(TGT)DenganMediaVisualUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarSiswaKelasX-AkuntansiSMKMuhammadiyah2MalangPadaMataPelajaranAkuntansi.SkripsiJurusanAkuntansiProgramStudiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.BambangSugengSE.MA.MM.Ak(II)Dr.TuhardjoSE.Msi.AkKatakunciTeamsGamesTournament(TGT)MotivasiHasilBelajar12288122881228812288BerdasarkanobservasiawalyangtelahdilakukanolehpenelitidikelasX-AkuntansiSMKMuhammadiyah2Malangterdapatbeberapapermasalahanyangdiperolehpeneliti.SebagiansiswaterlihatbosandengangayamengajarguruyangterkesanmonotonGurulebihseringmenerapkanmetodemengajardenganceramahdisetiappertemuannyadanmemberikanpenugasan.Olehkarenametodepembelajaranyangselamainiditerapkankurangbisamembangkitkanminatdanmotivasibelajarsehinggahasilbelajarygdiperolehjugarendah.UntukmengatasihalinipenelitimenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)denganmediavisual.TeamsGamesTournament(TGT)merupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakarenakeunggulanyangdimilikiolehmodelpembelajaranTGTyaituadanyagamedanturnamen.Denganadanyagamedanturnameninisiswasecaralangsungmaupuntidaklangsungakanberusahauntukselaluaktifkarenamengingatperandantanggungjawabnyasebagaianggotakelompokdengandemikiansuasanakelaspadasaatpembelajaranakanmenjadilebihhidupdansiswatidaklagimerasabosanmengikutipembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)denganmediavisualuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranakuntansi.12288122881228812288JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganduasiklusmelaluipendekatankualitatif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasX-AkuntansiSMKMuhammadiyah2Malangyangberjumlah26siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimeliputitesobservasiangketwawancaracatatanlapangandandokumentasi.Analisisdatameliputimereduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswadarisiklusImengalamipeningkatanpadasiklusiII.Ketuntasanhasilbelajarjugamengalamipeningkatan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)denganmediavisualdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-AkuntansiSMKMuhammadiyah2Malang.12288122881228812288GuruakuntansidisarankanmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)dalammengembangkanstrategipembelajaranalternatifdikelasuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Penerapanmodeliniperludisesuaikandenganmateriwaktupembelajarandanlingkungansiswadisekolahnya.