Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngunut / Ro'is Itakwin
Main Author: | Itakwin, Ro'is |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34629/ |
Daftar Isi:
- ItakwinRois.2013.EfektivitasPenggunaanModelPembelajaranKooperatifTipeSend-A-ProblemTerhadapHasilBelajarMataPelajaranAkuntansiSiswaKelasXiIpsSmaNegeri1Ngunut.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupartiM.Pdan(II)Dr.SunaryantoM.Ed.KatakuncipembelajarankooperatiftipeSend-A-ProblemhasilbelajarMetodepembelajaranmemilikiperananyangpentingdalamprosespembelajaran.MetodepembelajaranyangselamainidigunakandiSMANegeri1Ngunutadalahmetodekonvensionaldimanametodeinimasihkurangmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.SalahsatumetodepembelajaranyangberorientasipadasiswaadalahmetodepembelajarankooperatiftipeSend-A-Problem.Metodeinimampumengaktifkansiswaselamaprosesbelajarmengajar.PenelitianinibertujuanmengujiefektifitaspembelajarankooperatiftipeSend-A-Problemterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranakuntansi.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri1NgunutTulungagungtahunajaran2012/2013.SedangkansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS2dankelasXIIPS.Instrumenyangdigunakanadalahtesmultiplechoice.Hasildarianalisisvaliditasdenganrtabeldiperoleh20butirsoaldikatakanvalid.Sehinggasemuabutirsoaldikatakanvalid.Datajugasudahdinyatakanreliabel.Darihasiluji-tdiketahuikemampuanawalkelompokeksperimendankelompokkontroladalahsama.Setelahperlakuan/treatmentdiberikanterlihatbahwarata-ratakemampuanakhirkelompokeksperimenlebihtinggidaripadakelompokkontrolyangberartiadaperbedaanhasilbelajarantarapembelajarankooperatiftipeSend-A-Problemdenganpembelajarankonvensional.Saranyangdiajukanadalah(1)bagigurubidangstudiakuntansidiharapkandapatmenerapkanpembelajarankooperatiftipeSend-A-Problemsebagaialternatifpilihanpembelajarandikelas(2)bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmenggunakanpopulasisampelpenelitiandanpokokbahasanyanglebihluasagarmendapatdatayanglebihbaik(3)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggunakansoalpre-testdanpost-testyangberbedatetapidengantingkatkesukaranyangsama.