Efektivitas model pembelajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Lea Maria Asyari

Main Author: Asyari, Lea Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/34615/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranMURDERPrestasiBelajarAkuntansi.Permasalahanyangseringterjadipadaprosespembelajaranakuntansiadalahsiswakurangaktifdanpembelajaranyangdilakukanolehgurumasihkonvensional.HaltersebutsesuaidenganhasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasXIIPSSMAN6Malangpadawaktupembelajaranakuntansi.Selainitusiswahanyaterpacupadasumberbelajaryangdijelaskanolehguru.Keadaantersebutmembuatsiswamenjadibosanpengetahuanyangdidapatkanterbatasdankurangbersemangatmengikutipelajaransehinggamenyebabkannilaiyangdiperolehsiswakurangmaksimal.UpayayangdilakukanpenelitiuntukmeningkatkanprestasisiswaadalahmenggunakanmodelpembelajaranMURDERpadapembelajaranakuntansi.Rumusanmasalahdalampenelitianini1)ApakahmodelpembelajaranMURDERefektifdigunakanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMAN6Malangdan2)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranMURDERpadamatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMAN6MalangRancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(quasyexperimentdesign)dengandesainpenelitiannonequivalentcontrolgroupdesign.SubyekpenelitianyangdigunakanadalahXIIPS1sebagaikelaseksperimendenganjumlahsiswa33orangdanXIIPS2sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa32orang.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasidansoalpretest-posttest.Pengumpulandatadiperolehdarihasilobservasinilaipretestdanposttest.KegiatananalisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistikinferensialuntukmengujihipotesisdenganmenerapkanujionewayANOVA.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranMURDERmendapatkanresponpositifdarisiswayangterlihatdarihasilobservasisaatprosespembelajaranpadakelaseksperimendengandemikianmodelpembelajaranMURDERlebihefektifmeningkatkanprestasibelajarsiswadibandingkandenganmodelceramahdantanyajawab.Adapunketerbatasandaripenelitianiniadalahhanyamengukurkemampuankognitifyaituprestasibelajarsiswa.Disarankanuntukpenelitiselanjutnyatidakhanyamengukurkemampuankognitiftetapijugakemampuanafektifdanpsikomotorik.Disampingituuntukmendapatkanhasilyangmaksimalperludibiasakanlangkah-langkahyangterdapatpadamodelpembelajaranMURDER.