Efektivitas model pembelajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 6 Malang / Lea Maria Asyari
Main Author: | Asyari, Lea Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34615/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranMURDERPrestasiBelajarAkuntansi.Permasalahanyangseringterjadipadaprosespembelajaranakuntansiadalahsiswakurangaktifdanpembelajaranyangdilakukanolehgurumasihkonvensional.HaltersebutsesuaidenganhasilobservasiyangdilakukanpenelitidikelasXIIPSSMAN6Malangpadawaktupembelajaranakuntansi.Selainitusiswahanyaterpacupadasumberbelajaryangdijelaskanolehguru.Keadaantersebutmembuatsiswamenjadibosanpengetahuanyangdidapatkanterbatasdankurangbersemangatmengikutipelajaransehinggamenyebabkannilaiyangdiperolehsiswakurangmaksimal.UpayayangdilakukanpenelitiuntukmeningkatkanprestasisiswaadalahmenggunakanmodelpembelajaranMURDERpadapembelajaranakuntansi.Rumusanmasalahdalampenelitianini1)ApakahmodelpembelajaranMURDERefektifdigunakanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMAN6Malangdan2)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranMURDERpadamatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMAN6MalangRancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(quasyexperimentdesign)dengandesainpenelitiannonequivalentcontrolgroupdesign.SubyekpenelitianyangdigunakanadalahXIIPS1sebagaikelaseksperimendenganjumlahsiswa33orangdanXIIPS2sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa32orang.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasidansoalpretest-posttest.Pengumpulandatadiperolehdarihasilobservasinilaipretestdanposttest.KegiatananalisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistikinferensialuntukmengujihipotesisdenganmenerapkanujionewayANOVA.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanmodelpembelajaranMURDERmendapatkanresponpositifdarisiswayangterlihatdarihasilobservasisaatprosespembelajaranpadakelaseksperimendengandemikianmodelpembelajaranMURDERlebihefektifmeningkatkanprestasibelajarsiswadibandingkandenganmodelceramahdantanyajawab.Adapunketerbatasandaripenelitianiniadalahhanyamengukurkemampuankognitifyaituprestasibelajarsiswa.Disarankanuntukpenelitiselanjutnyatidakhanyamengukurkemampuankognitiftetapijugakemampuanafektifdanpsikomotorik.Disampingituuntukmendapatkanhasilyangmaksimalperludibiasakanlangkah-langkahyangterdapatpadamodelpembelajaranMURDER.