Hubungan peran orang tua, manajeman waktu belajar, keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo / Dwi Fajar Kusumatuti

Main Author: Kusumastuti, Dwi Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3460/
Daftar Isi:
  • Katakunciperanorangtuamanajemenwaktubelajarkeikutsertaanbimbinganbelajarprestasiakademiksiswaberprestasi.Siswamerupakansubjekyangterlibatdalamkegiatanbelajardisekolahdanmerupakantolokukurkeberhasilantujuanpendidikannasional.Keterlibatansiswasebagaitolokukurdalamkeberhasilanpencapaiantujuanpendidikannasionaltidakdapatdipungkiridaribagaimanasiswatersebutbelajar.Prosesbelajaryangdilakukansiswatidakterlepasdariperanorangtuadanmanajemenwaktubelajarsertabimbinganbelajaryangdiikutinya.Haltersebutmerupakanfaktoryangmempengaruhiseorangsiswaberprestasi.Tingginyaperanorangtuamanajemenwaktubelajardankeikutsertaanbimbinganbelajarberpengaruhterhadapprestasiakademiksiswaberprestasi.Hipotesismayordalampenelitianiniadalahadahubunganperanorangtuamanajemenwaktubelajarkeikutsertaanbimbinganbelajardenganprestasiakademiksiswaberprestasi.Sedangkanhipotesisminordalampenelitianiniadalah(1)adahubunganantaraperanorangtuadanprestasiakademiksiswaberprestasi(2)adahubunganantaramanajemenwaktubelajardanprestasiakademiksiswaberprestasi(3)adahubunganantarakeikutsertaanbimbinganbelajardanprestasiakademiksiswaberprestasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)peranorangtua(2)manajemenwaktubelajar(3)keikutsertaanbimbinganbelajar(4)prestasiakademiksiswaberprestasi(5)hubunganantaraperanorangtuadanprestasiakademiksiswaberprestasi(6)hubunganantaramanajemenwaktubelajardanprestasiakademiksiswaberprestasi(7)hubunganantarakeikutsertaanbimbinganbelajardanprestasiakademiksiswaberprestasi(8)hubunganperanorangtuadanmanajemenwaktudenganprestasiakademiksiswaberprestasi(9)hubunganmanajemenwaktubelajardankeikutsertaanbimbinganbelajardenganprestasiakademiksiswaberprestasi(10)hubunganperanorangtuadankeikutsertaanbimbinganbelajardenganprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjo.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.PenelitianinidilakukandiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjoKabupatenSidoarjodenganpopulasiberjumlah6845orangdanyangmenjadisampelnyaberjumlah184orang.TeknikpengambilansampeldalampenelitianiniadalahStratifiedSamplingdanpurposiveSampling.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakaninstrumenangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdananalisiskorelasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)peranorangtuasebanyak46orangtermasukdalamkualifikasisangattinggidenganpersentase2500%114orangtermasukdalamkualifikasitinggidenganpersentase6196%24orangdalamkualifikasicukupdenganpersentase1304%dantidakseorangpuntermasukdalamkualifikasirendah(2)manajemenwaktubelajarsebanyak53orangtermasukdalamkualifikasisangattinggidenganpersentase2880%115orangtermasukdalamkualifikasitinggidenganpersentase6250%16orangtermasukdalamkualifikasicukupdenganpersentase870%dantidakseorangpuntermasukdalamkualifikasirendah(3)keikutsertaanbimbinganbelajarsebanyak75orangtermasukdalamkualifikasisangattinggidenganpersentase4076%70orangtermasukdalamkualifikasitinggidenganpersentase3804%33orangdalamkualifikasicukupdenganpersentase1793%dan6orangtermasukdalamkualifikasirendahdenganpersentase326%(4)prestasiakademiksiswaberprestasisebanyak25orangtermasukdalamkualifikasisangattinggidenganpersentase1359%159orangtermasukdalamkualifikasitinggidenganpersentase8641%dantidakseorangpuntermasukdalamkualifikaskicukupdankualifikasirendah(5)TerdapathubunganyangsignifikanantaraperanorangtuadanprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjo(6)terdapathubunganyangsignifikanantaramanajemenwaktubelajardanprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-kecamatanSidoarjo(7)terdapathubunganyangsignifikanantarakeikutsertaanbimbinganbelajardanprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjo(8)terdapathubunganyangsignifikanperanorangtuadanmanajemenwaktudenganprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjo(8)terdapathubunganyangsignifikanmanajemenwaktubelajardankeikutsertaanbimbinganbelajardenganprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-kecamatanSidoarjo(10)terdapathubunganyangsignifikanperanorangtuadankeikutsertaanbimbinganbelajardenganprestasiakademiksiswaberprestasidiSMP/MTsse-KecamatanSidoarjo.Saran-saranyangdapatdikemukakansehubungandenganhasilpenelitianyangtelahdiperolehadalah(1)bagikepalaSMP/MTsse-KecamatanSidoarjoperlumengadakanbimbinganbelajardisekolahpadasemuatingkatkelasbaikkelasIIIIIIagarsiswamenjadiberprestasidansiswayangberprestasidapatmeningkatkanprestasiakademiknya(2)bagiGuruSMP/MTsse-KecamatanSidoarjoseyogyanyamemberikanbimbinganbelajarkepadasiswaberdasarkanpermasalahanyangdihadapidalamkegiatanbelajarnyagunamenunjangprestasiakademiksiswa(3)bagiorangtuaSiswaSMP/MTsse-KecamatanSidoarjodiharapkanmengawasidanmembimbingkegiatanbelajaranakdirumahuntukmengetahuisegalakekurangandankesulitananakdalambelajarnya.Selainitumenyediakansaranabelajardengancaramemenuhikebutuhanbelajaragarkegiatanbelajarsiswalebihoptimal.Orangtuajugadiharapkanmemberikanpertolonganterhadapkesulitanbelajaryangberupanasihattentangmanayangbaikuntukdilakukandanarahantentangalternatifpemecahanapayangharusdiambil(4)bagisiswaSMP/MTsse-KecamatanSidoarjohendaknyamengelolawaktubelajaryangtelahditetapkandenganbaikdanmempertahankanprestasibelajaryangtelahdicapaisertadapatmeningkatkannya(5)bagipenelitilainyanginginhalyangsamadiharapkanbisamenggunakanmetodedanvariabelyanglainsertasasaranpenelitianpadajenjangSekolahDasar(SD)agargenerasiberprestasimampudikembangkanlebihdini.