Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Lewit Kharisma Permatasari
| Main Author: | Permatasari, Lewit Kharisma |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed |
| Terbitan: |
, 2012
|
| Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34577/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimodelpembelajaranblendedlearningmotivasibelajardanhasilbelajar.Pembelajarankonvensional(facetoface)didalamkelasmemilikibeberapakelemahan.Sehinggadikembangkanmodelpembelajaronlinejarakjauh(e-learning)yangdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Namunternyatamodelpembelajaraninijugamemilikibeberapaketerbatasanyanghanyabisadilakukandenganpembelajarantatapmukadidalamkelas.Berawaldariketerbatasandariduamodelpembelajarandiatasmakadikembangkanmodelpembelajarangabunganantarakeduayangdapatsalingmelengkapidanmenutupikekurangannyamasing-masing.Salahsatumediayangdapatdimanfaatkansebagaimediaonlinedalampembelajaranblendedlearningadalahsitusjejaringsosialfacebook.Halinidisebabkankarenasitustersebutsangatdikenalolehsiswakarenahampirsemuasiswamemilikiakundalamsitustesebutsehinggaakansangatmenarikjikadimanfaatkanuntukprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmencariperbedaanmotivasidanhasilbelajarakuntansisiswaantarakelasyangdiajarmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebookdengankelasyangdiajartidakmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebook.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimenyangdilaksanakandiSMANegeri8Malang.AdapunsubjekyangditelitipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS2yangberjumlah37siswasebagaikelasEksperimendankelasXIIPS3yangberjumlah37siswasebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahkuesioneryangdigunakanmengukurmotivasibelajarsiswadansoalpretestdanposttestuntukmengukurhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarakuntansisiswaantarakelasyangdiajarmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebookdengankelasyangdiajartidakmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebook.Saranyangdapatdiberikanadalah(1)hasilpenelitianinidapatmenjadibahanpertimbanganbagiguruuntukmeningkatkankualitaspembelajaran(2)bagipenelitianselanjutnyadisarankanuntukmengunakanmedialainyangdapatlebihdivariasikandanmengukurhasilbelajardariranahafektif.
