Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Lewit Kharisma Permatasari

Main Author: Permatasari, Lewit Kharisma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/34577/
Daftar Isi:
  • Katakuncimodelpembelajaranblendedlearningmotivasibelajardanhasilbelajar.Pembelajarankonvensional(facetoface)didalamkelasmemilikibeberapakelemahan.Sehinggadikembangkanmodelpembelajaronlinejarakjauh(e-learning)yangdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Namunternyatamodelpembelajaraninijugamemilikibeberapaketerbatasanyanghanyabisadilakukandenganpembelajarantatapmukadidalamkelas.Berawaldariketerbatasandariduamodelpembelajarandiatasmakadikembangkanmodelpembelajarangabunganantarakeduayangdapatsalingmelengkapidanmenutupikekurangannyamasing-masing.Salahsatumediayangdapatdimanfaatkansebagaimediaonlinedalampembelajaranblendedlearningadalahsitusjejaringsosialfacebook.Halinidisebabkankarenasitustersebutsangatdikenalolehsiswakarenahampirsemuasiswamemilikiakundalamsitustesebutsehinggaakansangatmenarikjikadimanfaatkanuntukprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmencariperbedaanmotivasidanhasilbelajarakuntansisiswaantarakelasyangdiajarmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebookdengankelasyangdiajartidakmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebook.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimenyangdilaksanakandiSMANegeri8Malang.AdapunsubjekyangditelitipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS2yangberjumlah37siswasebagaikelasEksperimendankelasXIIPS3yangberjumlah37siswasebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahkuesioneryangdigunakanmengukurmotivasibelajarsiswadansoalpretestdanposttestuntukmengukurhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasidanhasilbelajarakuntansisiswaantarakelasyangdiajarmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebookdengankelasyangdiajartidakmenggunakanmodelblendedlearningdenganmemanfaatkansitusjejaringsosialfacebook.Saranyangdapatdiberikanadalah(1)hasilpenelitianinidapatmenjadibahanpertimbanganbagiguruuntukmeningkatkankualitaspembelajaran(2)bagipenelitianselanjutnyadisarankanuntukmengunakanmedialainyangdapatlebihdivariasikandanmengukurhasilbelajardariranahafektif.