Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis wondershare quiz creator terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi / Rera Pertama Dani

Main Author: Dani, Rera Pertama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/34569/
Daftar Isi:
  • KatakunciCDInteraktifMotivasiBelajarHasilBelajarAkuntansi.BerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukandikelasXSMK7MuhammadiyahGondanglegipadawaktupembelajaranAkuntansididapatkanfaktabahwapembelajaranyangdilakukangurumasihkonvensionaldantidakmenggunaanmediapembelajaran.Sehinggasiswamerasakurangmemahamimateridandalammengerjakansoal-soallatihankurangbersemangatdanbermalas-malasan.PenelitijugamemperolehdatahasilUTSmatapelajaranAkuntansipadasemester1menunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswadengannilairata-rata5381.NilaitersebutbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditentukanyaitu75.UpayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajaryaitudenganpenggunaanmediapembelajaranCDinteraktifberbasiswondersharequizcreator.Mediatersebutdibuatsecaramenarikdaninteraktifyangmenampilkanmaterisoalpembelajaransiklusakuntansiperusahaandagang.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediapembelajaranCDinteraktifberbasisWondershareQuizCreatorterhadapmotivasidanhasilbelajarpadamatapelajaranakuntansikelasXSMK7MuhammadiyahGondanglegi.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganeksperimensemu(quasyexperimentdesign).DesaindalampenelitianeksperimensemuinimenggunakanbentukOne-GroupPretest-PosttestDesign.Sampelyangditetapkanterdiridari1kelasyaituXPB2yangberjumlah44siswa.Pengumpulandatadiperolehdarihasilkuesioner(angket)nilaipretestdannilaipostest.KegiatananalisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistikdeskriptifdanstatistikinferensialdigunakanuntukmengujihipotesisdenganmenerapkanujiPairedSampleTTest.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenggunaanmediapembelajaranCDinteraktifberbasiswondersharequizcreatortidakberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswahalinidibuktikandengannilaiSig.(2-tailed)(0117)945(005)jadikeduaperlakuanmemilikirata-ratamotivasiyangsama.DanhasilbelajarsiswadiperolehdengannilaiSig.(2-tailed)(0000)945(005)jadikeduaperlakuanmemilikirata-ratahasilbelajaryangberbeda.DengankatalainadapengaruhpenggunaanmediapembelajaranCDinteraktifberbasiswondersharequizcreatorterhadappeningkatanhasilbelajarsiswa.