Efektivitas model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) tipe role playing dan tipe examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII MTS Surya Buana Malang / Ghilang Khinaris FM
Main Author: | Khinaris FM, Ghilang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34520/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifRolePlayingExamplesNonExamplesHasilBelajar.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranekonomiMTsSuryaBuanaMalanggurubiasanyamenggunakanmetodeceramahdankurangbervariasi.SelainitumodelpembelajaranKooperatif(CooperativeLearning)TipeExamplesNonExamplespernahjugaditerapkandalamprosesbelajarmengajar.Karenamodelpembelajarannyakurangbervariasidankurangsesuaimakaseringkalihasilbelajartidaksesuaidenganyangdiharapkan.HaltersebutterlihatpadahasilnilaiulanganharianyangmasihrendahdanberadadibawahbatasKKM.RolePlayingmerupakantipedarimodelpembelajaranKooperatifyangbelumditerapkandalamprosesbelajarmengajar.RolePlayingadalahsuatumodelpembelajaranyangdilakukanmelaluipengembanganimajinasidanpenghayatansiswayangterwujuddalamskenariodramayangditampilkandidepankelas.PenelitianiniadalahpenelitianQuasiEksperimentalyangmenggunakanduamodelpembelajaranKooperatifyaituRolePlayingdanExamplesNonExamples.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIMTsSurya.AnalisisdatamenggunakanUjitTestsedangkandatayangdiukuradalahdatapretestposttestdangainskor.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranKooperatiftipeExamplesNonExamplesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar58%sedangkantipeRolePlayingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar83%.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwaModelpembelajaranKooperatiftipeRolePlayinglebihefektifdibandingkandengantipeExamplesNonExamples.OlehkarenaitupenelitidapatmemberikansaranbahwamodelpembelajaranKooperatiftipeRolePlayingdapatdigunakansebagaialternatifmodelpembelajaranyangdapatditerapkandidalamkelas.JikainginmelanjutkanpenelitianinipenelitiselanjutnyadapatmenerapkanmodelpembelajaranKooperatif(CooperativeLearning)tipeRolePlayingpadapokokbahasanyangberbedasertamemperbanyaksampelpenelitian.