Efektivitas model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) tipe role playing dan tipe examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII MTS Surya Buana Malang / Ghilang Khinaris FM

Main Author: Khinaris FM, Ghilang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/34520/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranKooperatifRolePlayingExamplesNonExamplesHasilBelajar.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranekonomiMTsSuryaBuanaMalanggurubiasanyamenggunakanmetodeceramahdankurangbervariasi.SelainitumodelpembelajaranKooperatif(CooperativeLearning)TipeExamplesNonExamplespernahjugaditerapkandalamprosesbelajarmengajar.Karenamodelpembelajarannyakurangbervariasidankurangsesuaimakaseringkalihasilbelajartidaksesuaidenganyangdiharapkan.HaltersebutterlihatpadahasilnilaiulanganharianyangmasihrendahdanberadadibawahbatasKKM.RolePlayingmerupakantipedarimodelpembelajaranKooperatifyangbelumditerapkandalamprosesbelajarmengajar.RolePlayingadalahsuatumodelpembelajaranyangdilakukanmelaluipengembanganimajinasidanpenghayatansiswayangterwujuddalamskenariodramayangditampilkandidepankelas.PenelitianiniadalahpenelitianQuasiEksperimentalyangmenggunakanduamodelpembelajaranKooperatifyaituRolePlayingdanExamplesNonExamples.PopulasidansampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIMTsSurya.AnalisisdatamenggunakanUjitTestsedangkandatayangdiukuradalahdatapretestposttestdangainskor.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranKooperatiftipeExamplesNonExamplesdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar58%sedangkantipeRolePlayingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar83%.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwaModelpembelajaranKooperatiftipeRolePlayinglebihefektifdibandingkandengantipeExamplesNonExamples.OlehkarenaitupenelitidapatmemberikansaranbahwamodelpembelajaranKooperatiftipeRolePlayingdapatdigunakansebagaialternatifmodelpembelajaranyangdapatditerapkandidalamkelas.JikainginmelanjutkanpenelitianinipenelitiselanjutnyadapatmenerapkanmodelpembelajaranKooperatif(CooperativeLearning)tipeRolePlayingpadapokokbahasanyangberbedasertamemperbanyaksampelpenelitian.