Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode PBI (Problem Based Introduction) pada pelajaran akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Arif Muflichun

Main Author: Muflichun, Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/34494/
Daftar Isi:
  • KatakuncipersepsisiswagayamengajargurukualitassekolahmotivasibelajarGayamengajarguruadalahsalahsatukomponendariketrampilanmenggunakanvariasi.Gayamengajarguruberbeda-bedatergantungdarikretivitasguruuntukmenciptakanprosesbelajarmengajaryangmenarik.Penggunaanvariasidalammengajardiperlukanuntukmengatasikebosananataukejenuhanyangdialamisiswadidalamprosesbelajardikelassehinggasiswamemilikimotivasibelajar.Motivasibelajarsiswajugadapatditimbulkandarikualitassekolahnya.Apabilasiswatelahmerasapuasdengankualitassekolahnyamakaakanmunculfeedbackyangberbentuktingkahlakusalahsatunyaadalahdenganmeningkatnyamotivasibelajarsiswa.Halinidikarenakansiswaberanggapanbahwasekolahmerekaberkualitasbaiksehinggaagartidaktertinggaldarisiswalainnyamakamerekaakanberlomba-lombauntukbelajar.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(deskriptif)yangdilaksanakandalamduasiklussiklusIterdiriatasempatkalipertemuandansiklusIIterdiriatasduakalipertemuanpenelitianinidilaksanakandaribulanAprilsampaidenganMei.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIAKSMKPGRI6Malangyangberjumlah42siswaterdiridari40siswaperempuandan2siswalaki-laki.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasidanprestasibelajarsiswadenganinstrumenpenelitianberupateslembarobservasipenilaianafektifdanpsikomotorlembarobservasikeberhasilantindakanangketdancatatanlapangan.Motivasibelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatannilairata-ratasiswasedangkanprestasibelajarsiswapadaranahkognitifdiukurberdasarkanketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalranahafektifdanranahpsikomotorikdiukurdengansecaraklasikaldaribanyaknyajumlahsiswadarideskriptoryangmunculpadasetiapaspek.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajaranProblemBasedIntroductiondengandapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswaditunjukkandenganpeningkatannilairata-ratapersentasemotivasibelajarsiswadantarafkeberhasilantindakandari609%(Baik)padasiklusImenjadi752%(SangatBaik)padasiklusII.Peningkatanprestasibelajardapatdiketahuidariranahkognitifdenganketuntasanbelajarsiswasebesar75%menjadi100%.Padaranahafektifyangdiukurdenganlembarobservasiaktivitassiswapadasiklus1rata-rata86%meningkatmenjadi917%padasiklusII.Padaranahpsikomotoryangdiukurdenganlembarobservasiaktivitassiswapadasiklus1rata-rata93.4meningkatmenjadi83.4siswapadasiklusII.Berdasarkanpadahasilpenelitiandisarankanagarparapendidikdapatmenggunakanmodelpembelajaraninikarenadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Dalammenerapkanmodelpembelajaraninihendaknyamediayangakandigunakanharusbenar-benardipersiapkansebelumpembelajarandimulaisehinggaprosespembelajaranberjalanefektifdanefisien.