Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang / Anis Eko Wati
Main Author: | Wati, Anis Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34491/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajarankooperatifdenganmenggunakanmodelSTADhasilbelajar.Dalamkegiatanpembelajaranguruharusmampumenciptakanprosesaktifsalahsatucarayangdapatdilakukanuntukmemecahkanmasalahtersebutadalahdenganmengubahpolapembelajaranakuntansiyangkonvensionalmenjadipembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmampumeningkatanaktivitaspolaberpikirkritisdankreatifsertahasilbelajarakuntansi.STAD(StudentsTeamsAchievementDivisions)merupakansalahsatutipecooperativelearning.OlehkarenaitupenelitianinimengambiltemametodepembelajarankooperatifdenganmenggunakantipeSTADmempengaruhihasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhpembelajarankooperatifdenganmodelSTAD(StudentsTeamsAchievementDivisions)terhadaphasilbelajar.Hasilbelajaradalahkemampuanyangdimilikisiswasetelahmenerimapengalamanbelajar.Hasilbelajaryangdicapainyabermaknabagidirinyasendiridanakantahanlamadalamingatannyadanmembentukperilakuyangdapatdigunakansebagaialatuntukmemperolehinformasidanpengetahuanlainnya.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimenyangdilaksanakandiSMANegeri9Malang.AdapunSubyekyangditelitipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS.KelasXIIPS1berjumlah38siswaditetapkansebagaikelaskontrolyangdiajarmodelkonvensionaldankelasXIIPS3berjumlah36siswaditetapkansebagaikelaseksperimenyangdiajarmetodekooperatifdenganmenggunakanmodelSTAD(StudentsTeamsAchievementDivisions).Instrumenyangdigunakanadalahtesberupapre-testdanpos-ttestyangdiberikanbaikpadakelaskontrolmaupunkelaseksperimen.Datahasilbelajarsiswadiperolehdariselisihantaranilaipost-testdannilaipre-test(gainscore).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaknikelaseksperimen1764sedangkankelaskontrol1303.HasilanalisisujiUMannWhitneymenunjukkannilaip0000lebihkecildaripada005.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmetodekooperatifdenganmenggunakanmodelSTADberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranakuntansikelasXIIPSdiSMANegeri9Malang.Saranyangdiajukandalampenelitianiniadalah(1)Guruharusmeningkatkankemampuanmengajaryanglebihkreatifinovatifdanmenciptakansuasanabelajarmenyenangkan.(2)PenelitiselanjutnyadiharapkanmampumenerapkanpembelajaranmetodekooperatifdenganmodelSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)sehinggasiswadapattermotivasidalammengikutiprosesbelajarmengajardanselanjutnyahasilbelajarmerekadapatmeningkat.