Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu tahun ajaran 2010-2011 / Triwilujeng Ayuningtias
Main Author: | Ayuningtyas, Triwilujeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34463/ |
Daftar Isi:
- KatakunciLingkunganKeluargaKebiasaanBelajarPrestasiBelajar.Dalammeningkatkankualitaspendidikanselainfaktorlingkungankeluargasiswajugaadakomponenlainyangdapatmempengaruhikualitaspendidikanyaituadanyakebiasaanbelajarsiswadalamprosesbelajar.Kemampuansiswamenyerapilmudanmemahaminyajugatergantungdarikebiasaanbelajarsiswa.Jikalingkungankeluargadankebiasaanbelajaryangterjadidirumahmaupundisekolahbaikmakadimungkinkandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhlingkungankeluargaterhadapprestasibelajarpengaruhkebiasaanbelajarterhadapprestasibelajardanpengaruhdominanantaralingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranakuntansisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Batu.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisregresiberganda.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Batudenganjumlah125siswadengansampel56siswa.Datadiperolehdenganmenyebarkanangketdandokumentasiberupanilaiujianakhirsemesterganjil.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)terdapatpengaruhyangpositiflingkungankeluargaterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi2)terdapatpengaruhyangpositifkebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi3)terdapatpengaruhdominanantaralingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi.Berdasarkanpenelitiantersebutdisarankanagar(a)untukmendukungterciptanyakebiasaanbelajaryangbaikdannyamansekolahhendaknyamenciptakanperaturan-peraturanyangmendukungprosespembelajarandanmemberikankelengkapanyangmendukungsuasanadansaranabelajarsehinggasiswabersemangatdalammenuntutilmu(b)siswahendaknyadapatmemilah-milahmanayangbaikdanyangburukdaripengaruhlingkungandisekitarnyadandapatmenghadapipengaruhtersebut.Siswajugahendaknyamembantuguruuntukmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanagardapatterjadiproseskebiasaanbelajaryangbaiksehinggasiswamudahmemahamimateridandapatmeningkatkanprestasibelajarnya.