Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu tahun ajaran 2010-2011 / Triwilujeng Ayuningtias

Main Author: Ayuningtyas, Triwilujeng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/34463/
Daftar Isi:
  • KatakunciLingkunganKeluargaKebiasaanBelajarPrestasiBelajar.Dalammeningkatkankualitaspendidikanselainfaktorlingkungankeluargasiswajugaadakomponenlainyangdapatmempengaruhikualitaspendidikanyaituadanyakebiasaanbelajarsiswadalamprosesbelajar.Kemampuansiswamenyerapilmudanmemahaminyajugatergantungdarikebiasaanbelajarsiswa.Jikalingkungankeluargadankebiasaanbelajaryangterjadidirumahmaupundisekolahbaikmakadimungkinkandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhlingkungankeluargaterhadapprestasibelajarpengaruhkebiasaanbelajarterhadapprestasibelajardanpengaruhdominanantaralingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranakuntansisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Batu.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisisregresiberganda.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Batudenganjumlah125siswadengansampel56siswa.Datadiperolehdenganmenyebarkanangketdandokumentasiberupanilaiujianakhirsemesterganjil.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)terdapatpengaruhyangpositiflingkungankeluargaterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi2)terdapatpengaruhyangpositifkebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi3)terdapatpengaruhdominanantaralingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarpadamatapelajaranAkuntansi.Berdasarkanpenelitiantersebutdisarankanagar(a)untukmendukungterciptanyakebiasaanbelajaryangbaikdannyamansekolahhendaknyamenciptakanperaturan-peraturanyangmendukungprosespembelajarandanmemberikankelengkapanyangmendukungsuasanadansaranabelajarsehinggasiswabersemangatdalammenuntutilmu(b)siswahendaknyadapatmemilah-milahmanayangbaikdanyangburukdaripengaruhlingkungandisekitarnyadandapatmenghadapipengaruhtersebut.Siswajugahendaknyamembantuguruuntukmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkanagardapatterjadiproseskebiasaanbelajaryangbaiksehinggasiswamudahmemahamimateridandapatmeningkatkanprestasibelajarnya.