Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan antara nilai ujian nasional (NUN) SMP dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Ria Ifina Fardiana

Main Author: Fardiana, Ria Ifina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/34438/
Daftar Isi:
  • KataKunciNUNkebiasaanbelajarhasilbelajar.NilaiUjianNasional(NUN)SMPmerupakanhasilujiannasionalyangselanjutnyadigunakansebagaialatseleksimasukSMA.Inputyangberkualitasakanmenghasilkanoutputyangberkualitaspula.HalinijugatidakterlepasdariprosesbelajarselamadiSMAyangsalahsatunyadapatdilihatdarikebiasaanbelajarsiswa.KebiasaanbelajaradalahsalahsatufaktoryangmempengaruhihasilbelajaryangdidugadapatmemperkuatataumemperlemahhubunganantaraNUNSMPdenganhasilbelajar.SiswayangterbiasamembiasakanbelajarbaikdenganNUNtinggimakaakanmemperolehhasilyangbaiksedangkanNUNtinggidengankebiasaanbelajarburukakanmnyebabkanhasilbelajarrendah.OlehkarenaitupenelitianinidilakukanuntukmengkajipengaruhkebiasaanbelajarterhadaphubunganNUNSMPdenganhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhNUNSMPterhadaphasilbelajarakuntansisiswakelasXIIPSdiSMANegeri2Nganjuk.(2)pengaruhkebiasaanbelajarterhadaphubunganNUNSMPdenganhasilbelajarakuntansisiswakelasXIdiSMANegeri2Nganjuk.Penelitianinimerupakanpenelitianeksplanatifdenganjumlahsampel48siswakelasXIIPSSMANegeri2Nganjuk.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikangket/kuesionerdandokumentasi.Adapunteknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresidenganvariabelmoderatdenganujiresidual.HasilanalisisregresilinierdenganujitmenggunakanSPPS16.0padavariabelNUNSMP(X1)diperolehsignifikansi0018kurangdari005yangberartiadapengaruhantaraNUNSMP(X1)terhadaphasilbelajarsiswa(Y)kelasXIIPSSMANegeri2Nganjuk.Variabelhasilbelajarpadaujiresidualdiperolehsignifikansi0241lebihdari005yangberartikebiasaanbelajarbukanmerupakanvariabelmoderatataukebiasaanbelajartidakmemperkuatataumemperlemahhubunganantaraNUNdenganhasilbelajar.Berdasarkanhasilpenelitianinimakadisarankanbagisekolahuntuklebihselektifdalampenerimaansiswabarubagisiswadapatdilakukandenganbelajarmembiasakanbelajardenganbaiksehinggahasilyangdicapaibaikpula.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamengukurhasilbelajartidakhanyadariranahkognitifnyasajatetapidenganmenambahranahafektifdanranahpsikomotor.Untukmelengkapihasilpenelitianiniperlumengadakanpenelitiankembaliuntuksampelyanglebihluaslagidanmenggunakanvariabellainsebagaivariabelmoderat.KarenaadabanyakfaktoryangmempengaruhihubunganantaraNUNdenganhasilbelajarsepertilingkungansekolahdanlingkungankeluarga.