Pengaruh minat masuk SMK, persepsi siswa tentang efektivitas PSG, dan prestasi PSG terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Probolinggo / Mar'atus Sholihah
Main Author: | Sholihah, Mar'atus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34437/ |
Daftar Isi:
- KataKunciminatmasukSMKpersepsiefektivitasPSGprestasiPSGkesiapanbekerja.PendidikankejuruansebagailembagapendidikanyangbertujuanmenyiapkanlulusannyamemasukiduniakerjamemilikiperanstrategisdalammenyiapkanSDMkhususnyatenagakerjatingkatmenengah.SMKmemilikiorientasipadapembentukankecakapanhidup.DalampendidikankejuruanprosespendidikanmaupunprosespembelajarannyadilakukanpadaduatempatyaitudisekolahdandiDU/DI.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)pengaruhminatmasukSMKterhadapkesiapanbekerja(2)pengaruhpersepsiefektivitasPSGterhadapkesiapanbekerja(3)pengaruhprestasiPSGterhadapkesiapanbekerja.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianinibersifatdeskriptifassosiatif.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangdilakukanpada75siswakelasXIIAkuntansiSMKN1Probolinggo.Pengumpulandatadilakukandenganteknikkuesionerdandokumentasi.Analisisdatamenggunakandeskriptifdanregresiberganda.Hasilpenelitianyangdiperoleh(1)tidakadapengaruhpositifminatmasukSMKterhadapkesiapanbekerjasiswadengannilaithitung2182lebihkecildarittabel262(2)adapengaruhpositifpersepsisiswatentangefektivitasPSGterhadapkesiapanbekerjasiswadengannilaithitung2823lebihbesardarittabel262(3)tidakadapengaruhpositifprestasiPSGterhadapterhadapkesiapanbekerjasiswadengannilaithitung2006lebihkecildarittabel262(4)adapengaruhpositifminatmasukSMKpersepsisiswatentangefektivitasPSGdanprestasiPSGterhadapkesiapanbekerjasiswadengannilaiFhitung8067lebihbesardariFtabel4040.Berdasarkanhasilpenelitianinimakasaranyangdapatdiberikanadalah(1)pihaksekolahmelanjutkankebijakanuntukbekerjasamadenganDU/DIyangbenar-benarmampumelaksanakanmisipendidikan(2)bagipihakDU/DImemberikanpeluangkerjasamayanglebihluasterhadappihaksekolahuntukpelaksanaanprogramPSG(3)bagipenelitilainyangmelaksanakanpenelitiansejenisdisarankanmenggunakanpendekatankualitatifyanglebihmencerminkankesiapanbekerjasiswayangsesungguhnya.