Pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan kualitas seklah terhadap motivasi belajar siswa kela XI IPS di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung / Dyan Novita
Main Author: | Novita, Dyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34428/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipersepsikemampuanmengajargurukualitassekolahmotivasibelajar.Kemampuanmengajarguruadalahsalahsatufaktorpenunjangkeberhasilanpembelajaran.Kemampuanmengajargurusangatdiperlukanuntukmengatasikebosanansiswadalamkegiatanbelajarmengajarsehinggasiswamempunyaipersepsipositifjikagurumampumengajardenganmenarik.Persepsiinilahyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Motivasibelajarsiswajugadapatditimbulkandarikualitassekolahnya.Apabilasiswatelahmerasapuasdengankualitassekolahnyamakasiswaakanmemberikanpersepsipositif.Halinidikarenakansiswaberanggapanbahwasekolahmerekaberkualitasbaikmakasiswaberusahamempertahankankualitassekolahnyadenganmotivasibelajaryangtinggisehinggaprestasibelajarjugameningkat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipersepsisiswatentangkemampuanmengajargurudankualitassekolahterhadapmotivasibelajar.Penelitianinitermasukpenelitianeksplanasi.PopulasidalampenelitianinisiswakelasXIIPSSMANIGondangTulungagungdengansampelyangberjumlah64siswadanteknikpengambilansampelproportionalrandomsampling.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahangket.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdaninferensial.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwapersepsisiswatentangkemampuanmengajargurumempunyaipengaruhpositifsignifikanterhadapmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidiSMAN1Gondangsebesarsebesar333%.Halinidapatdilihatdarinilaitsebesar4234dengantarafsignifikansialpha0000.PersepsisiswatentangkualitassekolahmempunyaipengaruhpositifsignifikanterhadapmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidiSMAN1Gondangsebesar252%.Halinidapatdilihatdarinilaitsebesar3354dengantarafsignifikansi0001.HasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapersepsisiswatentangkemampuanmengajargurudankualitassekolahberpengaruhsecarapositifsignifikanterhadapmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidiSMAN1Gondang.Saranyangdapatdiajukandaripenelitianiniadalah(1)Sekolahharusselalumempertahankankualitassekolah(2)gurudiharapkandapatmengasahkompetensinyaagarterciptasuasanapembelajaranmenyenangkansehinggadapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa(3)Penelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitianyangserupadenganmemperhatikanjumlahvariabelbebasdanmasalahpopulasisehinggadapatdiperolehhasilyangmaksimal.