Pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Sri Ami Ati
Main Author: | Ati, Sri Ami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34422/ |
Daftar Isi:
- KataKunciEfikasiDiriTipeTesPrestasiBelajarPembelajaranyangdilakukanolehgurudanmuridinidiharapkandapattercermindalamprestasibelajar.Banyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswabaikitueksternalmaupuninternal.Salahsalahfaktorinternaladalahefikasidiriyangdimilikiolehsiswa.Selainituuntukmelihatperubahantingkahlakusiswamengenaipemahamandanpengusaanterhadapmatapelajarantertentumakadiperlukanevaluasiyangmerupakantahapterakhirdarisistempengajaran.Mengingatnyaumumnyadalammelakukanevaluasiberupatesmakadalampenelitianinimenggunakantesuntukmelihattingkatpencapaiansiswaterhadappelajaranakuntansiyaitutespilihangandadantesesai.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)Perbedaanprestasibelajarantarasiswayangmemilikiefikasidiritinggidansiswayangmemilikiefikasidirirendah(2)PerbedaanprestasibelajarantaraSiswayangdiberikanTesPilihanGandadenganSiswayangdiberikanTesEsai(3)PengaruhInteraksiantaraEfikasiDiriSiswadanTipeTesterhadapPrestasiBelajar.Efikasidirisiswamerupakankeyakinanyangdimilikiolehsiswaterhadapkemampuanyangmerekamilikidalammengerjakansoal-soalakuntansi.Sedangkantipetesmerupakantesyangdigunakanuntukmengukurprestasibelajarsiswayaitutespilihangandadantesesai.Prestasibelajaradalahhasildariposttestyangdiberikankepadasiswadenganmenggunakantespilihangandadanesaisaatpenelitian.Penelitianinimerupakanpenelitianfactorialdesignexperimentalyangdenganmenggunakan2x2faktorialyangdilaksanakandiSMANegeri5Malang.Populasipenelitianinisebanyak94siswa.Teknikpengambilansampeldenganmenggunakansimplerandomsampling.AdapunsampelyangditelitiadalahdarikelasXIIPS1danXIIPS3sehinggasampelpenelitiandiperoleh60siswa.PengujianhipotesisdenganmenggunakananovatwowaydenganbantuaanSPSS16forwindows.Berdasarkanhasilpengujiananovatwowaymakadiperolehhasilpenelitian(1)Terdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangmemilikiefikasidiritinggidansiswayangmemilikiefikasidirirendah(2)Terdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiberikantespilihangandadansiswayangdiberikantesesai(3)Terdapatpengaruhinteraksiefikasidiridantipetesterhadapprestasibelajarsiswa.SarandaripenelitianiniyaitubagiGuruagarsebelummelakukantesterhadapsiswasebaiknyamengetahuitingkatefikasidirisiswa.SelainitudiperlukanupayaguruagarsiswadapatmemilikipemahamanyangkomprehesifSehinggadapatdiperolehprestasibelajarsiswasesuaidenganyangdiharapkan.