Pengaruh efikasi diri siswa dan tipe tes terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Sri Ami Ati

Main Author: Ati, Sri Ami
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/34422/
Daftar Isi:
  • KataKunciEfikasiDiriTipeTesPrestasiBelajarPembelajaranyangdilakukanolehgurudanmuridinidiharapkandapattercermindalamprestasibelajar.Banyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswabaikitueksternalmaupuninternal.Salahsalahfaktorinternaladalahefikasidiriyangdimilikiolehsiswa.Selainituuntukmelihatperubahantingkahlakusiswamengenaipemahamandanpengusaanterhadapmatapelajarantertentumakadiperlukanevaluasiyangmerupakantahapterakhirdarisistempengajaran.Mengingatnyaumumnyadalammelakukanevaluasiberupatesmakadalampenelitianinimenggunakantesuntukmelihattingkatpencapaiansiswaterhadappelajaranakuntansiyaitutespilihangandadantesesai.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)Perbedaanprestasibelajarantarasiswayangmemilikiefikasidiritinggidansiswayangmemilikiefikasidirirendah(2)PerbedaanprestasibelajarantaraSiswayangdiberikanTesPilihanGandadenganSiswayangdiberikanTesEsai(3)PengaruhInteraksiantaraEfikasiDiriSiswadanTipeTesterhadapPrestasiBelajar.Efikasidirisiswamerupakankeyakinanyangdimilikiolehsiswaterhadapkemampuanyangmerekamilikidalammengerjakansoal-soalakuntansi.Sedangkantipetesmerupakantesyangdigunakanuntukmengukurprestasibelajarsiswayaitutespilihangandadantesesai.Prestasibelajaradalahhasildariposttestyangdiberikankepadasiswadenganmenggunakantespilihangandadanesaisaatpenelitian.Penelitianinimerupakanpenelitianfactorialdesignexperimentalyangdenganmenggunakan2x2faktorialyangdilaksanakandiSMANegeri5Malang.Populasipenelitianinisebanyak94siswa.Teknikpengambilansampeldenganmenggunakansimplerandomsampling.AdapunsampelyangditelitiadalahdarikelasXIIPS1danXIIPS3sehinggasampelpenelitiandiperoleh60siswa.PengujianhipotesisdenganmenggunakananovatwowaydenganbantuaanSPSS16forwindows.Berdasarkanhasilpengujiananovatwowaymakadiperolehhasilpenelitian(1)Terdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangmemilikiefikasidiritinggidansiswayangmemilikiefikasidirirendah(2)Terdapatperbedaanprestasibelajarantarasiswayangdiberikantespilihangandadansiswayangdiberikantesesai(3)Terdapatpengaruhinteraksiefikasidiridantipetesterhadapprestasibelajarsiswa.SarandaripenelitianiniyaitubagiGuruagarsebelummelakukantesterhadapsiswasebaiknyamengetahuitingkatefikasidirisiswa.SelainitudiperlukanupayaguruagarsiswadapatmemilikipemahamanyangkomprehesifSehinggadapatdiperolehprestasibelajarsiswasesuaidenganyangdiharapkan.