Pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Wahyu Wulansari

Main Author: Wulansari, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/34418/
Daftar Isi:
  • KataKunciPenggunaanModulAkuntansiPrestasiBelajarPenggunaanmodulmerupakansalahsatualternatifdalampenyelenggaraanpengajaranindividual.Pembelajaranmodulmampumemberikankemungkinankepadasiswauntukbelajarmandirikarenasetiapsiswadalamkelasdilibatkansecaramaksimaldalampembelajaran.Dalampenggunaanmodulsebagaimediapembelajaransiswadiberikesempatanuntukbelajarmenurutgayabelajardankemampuanmasing-masing.Dengandemikianmemungkinkansiswauntukmajudanberprestasisesuaidengankecepatansendiri.TujuanpenelitianinidimaksudkanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodulterhadapprestasibelajarsiswadalammatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMANegeri6Malang.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri6Malangtahunpelajaran2010/2011denganjumlah185siswayangterbagikedalam5kelas.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasiEksperimendenganmenggunakandesainNonequivalentControlGroupDesign.PengambilansampeldilakukandenganteknikPurposiveSampling.SampelyangditetapkanterdiridariduakelasyaitukelasXIIPS3sebagaikelompokeksperimendankelasXIIPS4sebagaikelompokkontrol.Kelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajardenganmenggunakanmoduldalampembelajaransedangkankelompokkontroladalahkelompokyangdiajartanpamenggunakanmoduldalampembelajaran.Jenisdatadalampenelitianiniberupadatakuantitatifyangdiperolehlangsungdarisubyekpenelitiandengancaramemberikanteskemampuanakhirdalampembelajaranakuntansipadamateripokokjurnalpenyesuaian.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhdaripenggunaanmodulterhadapprestasibelajarsiswaterbuktidarihasilt-TestTwo-SampleAssumingEqualVariancesyangmenunjukkanthitung(5166)ttabel(1668).Adapunketerbatasandaripenelitianiniadalahpenelitianhanyadilakukanpadasatupokokbahasansajadikarenakanadanyaketerbatasanwaktupenelitian.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpenelitilaindapatmelakukanpenelitiantentangpenggunaanmodulpadamaterilainataulebihdarisatupokokbahasandenganmenambahwaktupenelitiansehinggadapatdiketahuikeefektifanpenggunaanmoduluntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.