Pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Wahyu Wulansari
Main Author: | Wulansari, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34418/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPenggunaanModulAkuntansiPrestasiBelajarPenggunaanmodulmerupakansalahsatualternatifdalampenyelenggaraanpengajaranindividual.Pembelajaranmodulmampumemberikankemungkinankepadasiswauntukbelajarmandirikarenasetiapsiswadalamkelasdilibatkansecaramaksimaldalampembelajaran.Dalampenggunaanmodulsebagaimediapembelajaransiswadiberikesempatanuntukbelajarmenurutgayabelajardankemampuanmasing-masing.Dengandemikianmemungkinkansiswauntukmajudanberprestasisesuaidengankecepatansendiri.TujuanpenelitianinidimaksudkanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodulterhadapprestasibelajarsiswadalammatapelajaranakuntansikelasXIIPSSMANegeri6Malang.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri6Malangtahunpelajaran2010/2011denganjumlah185siswayangterbagikedalam5kelas.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasiEksperimendenganmenggunakandesainNonequivalentControlGroupDesign.PengambilansampeldilakukandenganteknikPurposiveSampling.SampelyangditetapkanterdiridariduakelasyaitukelasXIIPS3sebagaikelompokeksperimendankelasXIIPS4sebagaikelompokkontrol.Kelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajardenganmenggunakanmoduldalampembelajaransedangkankelompokkontroladalahkelompokyangdiajartanpamenggunakanmoduldalampembelajaran.Jenisdatadalampenelitianiniberupadatakuantitatifyangdiperolehlangsungdarisubyekpenelitiandengancaramemberikanteskemampuanakhirdalampembelajaranakuntansipadamateripokokjurnalpenyesuaian.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhdaripenggunaanmodulterhadapprestasibelajarsiswaterbuktidarihasilt-TestTwo-SampleAssumingEqualVariancesyangmenunjukkanthitung(5166)ttabel(1668).Adapunketerbatasandaripenelitianiniadalahpenelitianhanyadilakukanpadasatupokokbahasansajadikarenakanadanyaketerbatasanwaktupenelitian.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpenelitilaindapatmelakukanpenelitiantentangpenggunaanmodulpadamaterilainataulebihdarisatupokokbahasandenganmenambahwaktupenelitiansehinggadapatdiketahuikeefektifanpenggunaanmoduluntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.