Pengaruh karakteristik guru akuntansi terhadap efektivitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-kota Malang / Nuroh Fauziah
Main Author: | Fauziah, Nuroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34359/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKarakteristikFilosofiGuruKarakteristikKompetensiGuruKarakteristikPribadiGuruEfektifitasPembelajaranAkuntansi.Pelaksanaanpembelajarandikelastidakterlepaspadainteraksiyangterjadiantaragurudengansiswa.Interaksidalampembelajarantersebutdapatdikatakanefektifapabilahasilprosesbelajarsiswamenunjukkanperubahanpositif.Halyangmampumenunjangefektifitaspembelajarandikelasdiantaranyaadalahkarakteristikfilosofikarakteristikkompetensidankarakteristikpribadiguruyangdapatditerimadenganbaikolehsiswa.Karakteristikguruyangbaikakanmenunjangpelaksanaanpembelajaransecaraefektif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhantarakarakteristikguruakuntansiterhadapefektifitaspembelajaranakuntansisiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalangbaiksecaraparsialmaupunsimultan.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalangdenganjumlahsampelsebanyak200siswayangdiambildenganmetodepurposivesampling.Teknikpengumpulandatamenggunakankuesioner.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisregresilinierberganda.HasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraparsialkarakteristikfilosofigurutidakberpengaruhsecarasignifikanterhadapefektifitaspembelajaranakuntansisiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalanghaltersebutditunjukkandenganthitung(1159)ttabel(165251)dannilaisigt0248005.SedangkankarakteristikkompetensiguruberpengaruhsecarasignifikanterhadapefektifitaspembelajaranakuntansisiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalangdengannilaithitung(3614)ttabel(165251)dankarakteristikpribadigurujugaberpengaruhsecarasignifikanterhadapefektifitaspembelajaranakuntansisiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalangdengannilaithitung(2656)ttabel(165251).SecarasimultankarakteristikfilosofikarakteristikkompetensidankarakteristikpribadiguruakuntansiberpengaruhterhadapefektifitaspembelajaranakuntansisiswakelasXIIPSSMANegerise-kotaMalangdengannilaiFhitung(60875)Ftabel(265).Berdasarkanhasilpenelitiantersebutsaranyangdirekomendasikanpenelitiadalahsiswadiharapkanselalumemilikipersepsiyangpositifterhadapkaraktergurusehinggakegiatanbelajarmengajarmampumemotivasisiswauntukmengikutipelajarandenganseksama.Hendaknyapenelitiyangtertarikpadapenelitianserupamenambahjumlahvariabelbebasyangmasihberkaitandengankarakteristikgurulainnyaterhadapefektifitaspembelajaranakuntansi.