Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada mata pelajaran siklus akuntansi / Yulita Windawati
Main Author: | Windawati, Yulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34284/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWindawatiYulita.2010.PenerapanPembelajaranPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)denganModelTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanHasilBelajardanKeaktifanSiswaKelasXAk2SMKPGRI3NganjukpadaMataPelajaranSiklusAkuntansi.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurikaRestuningdiah.S.EM.SiAk(II)Hj.YuliWidiAstutiS.EM.Si.AkKatakunciPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaanThinkPairShare(TPS)HasilBelajarKeaktifanSiswaMetodepembelajaranmemilikiperananyangpentingdalamprosespembelajaran.Penggunaansalahsatumetodepembelajaranmempunyairelevansiterhadapkemampuanyangdiharapkandapatdimilikiolehsiswa.Metodepembelajaranyangselamainidigunakanadalahmetodepembelajarankonvensionaldimanametodeinimasihkurangmampuuntukmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswa.Metodekonvensionalcenderungtidakmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaransehinggasiswatidaktermotivasiuntukmengikutiaktivitaspembelajaran.SalahsatumetodepembelajaranyangberorientasipadasiswaadalahpembelajaranpolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)denganmodelTPS(ThinkPairShare)yangmanametodeinimampuuntukmengaktifkansiswaselamaprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswadenganmenerapkanpembelajaranpolaPBMPdenganmodelTPS.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXAk2SMKPGRI3Nganjuk.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahreduksidatapenyajiandatakonklusi.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanhasilbelajardankeaktifansiswapadasetiapsiklusnya.PenerapanpembelajaranpolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)denganmodelTPS(ThinkPairShare)efektifdalammeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagarpembelajaranpolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)denganModelTPS(ThinkPairShare)dijadikansalahsatualternatifpilihanbagigurubidangstudiakuntansiataugurubidangstudilainnyauntukmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswajugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutuntukmenerapkanpadamateriyanglaindanmatapelajaranlain.