Pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru akuntansi SMA/SMK se-kota Jombang / Emy Milchatus Sarifah

Main Author: Sarifah, Emy Milchatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/34257/
Daftar Isi:
  • KatakuncipersepsigurusertifikasigurupengembangankemampuanprofesionalguruGlobalisasiyangsedangkitahadapibersamadapatdipastikanakanmelandaseluruhaspekkehidupankita.Dampakglobalisasiyangantaralainmembawapersainganyangsemakinketatperlumendapatperhatianyanglebihbesarlagiolehduniapendidikan.Berkaitandenganhaltersebutduniapendidikandituntutberubahsesuaidengankebutuhanmasyarakatdanditantanguntukmenjawabberbagaipermasalahanlokaldanperubahanglobalyangterjadibegitupesat.PendidikanharusmampumenghasilkanSumberDayaManusia(SDM)berkualitasdanprofesionaluntukmewujudkanhaltersebutmakadiperlukantenagapendidikyangprofesional.UpayayangdilakukanpemerintahuntukmenciptakantenagapendidikyangprofesionaladalahdenganmemberlakukanUndang-UndangRepublikIndonesiaNomor14tahun2005tentangGurudanDosen(UUGD)yaitupemberiansertifikatpendidikkepadagurumelaluiprogramsertifikasi.Adanyaprogramsertifikasiyangdikhususkanbagipendidikakanmemunculkanberbagaimacampersepsikhususnyabagiparaguru.Haltersebutdikarenakanprogramsertifikasimerupakansalahsatuupayayangdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitasgurudanuntukmengembangkankemampuanprofesionalguruyangdiharapkanakanmampumeningkatkanmutupendidikan.OlehkarenaitudalampenelitianinipenelitimembahastentangbagaimanapengaruhpersepsiguruakuntansitentangprogramsertifikasiterhadappengembangankemampuanprofesionalguruakuntansiSMA/SMK.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksplanasi(explanatoryresearch).Analisisyangdigunakanadalahanalisisregresiliniersederhana.Variabeldalampenelitianinimeliputipersepsiguruakuntansitentangprogramsertifikasi(X)sebagaivariabelbebasdanpengembangankemampuanprofesionalguruakuntansi(Y)sebagaivariabelterikatnya.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangrespondennyaterdiridari30orangguruakuntansidanekonomidiSMA/SMKSe-KotaJombang.Teknikpengumpulandataadalahdenganmenggunakanangket(kuesioner).DarihasilpenelitiandiketahuibahwasebagianbesarguruakuntansidiSMA/SMKdiKotaJombangmempunyaipersepsipositiftentangprogramsertifikasiyangdapatdilihatdarihasilperhitungandeskriptiffrekuensiyaitusebesar50%gurumenyatakansetujudenganadanyapenyelenggaraanprogramsertifikasi.Sedangkanuntukpengembangankemampuanprofesionalguruakuntansiberdasarkanhasilperhitunganstatistikdeskriptifberadapadakualifikasitinggiyaitusebesar76.67%gurumenyatakanselaluberupayamengembangkankemampuanprofesionalnya.PersepsiguruakuntansitentangprogramsertifikasiberpengaruhpositifterhadappengembangankemampuanprofesionalguruakuntansidiSMA/SMkSe-KotaJombang.HalinidapatdilihatberdasarkanpersamaanregresisebagaiberikutY141.5100.143X.daripersamaanregresitersebutdiketahuibahwabilatingkatpersepsigurutentangprogramsertifikasi(X)naiksatusatuanmakapengembangankemampuanprofesionalguruakuntansi(Y)juganaiksebesar0.143.SelainitunilaiR2sebesar0.570menunjukkanbahwavariabelpengembangankemampuanprofesionalgurudipengaruhiolehpersepsigurusebesar57%dansisanyadipengaruhiolehfaktorlain.Faktoryangmempengaruhipengembangankemampuanprofesionalgurutersebutdapatberasaldarilingkungansekolahsesamagurukepalasekolahsiswabahkanperaturanpemerintahyanglain.BerdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdiberikanmengacupadahasiltemuanyangmenyatakanbahwapersepsiguruakuntansitentangprogramsertifikasiberpengaruhpositifterhadappengembangankemampuanprofesionalguruakuntansidiSMA/SMKSe-KotaJombangadalahhendaknyasemuagurutetapmenjagadanterusmengembangkankemampuanprofesionalnyagunaterciptanyamutupendidikanmisalnyadengancaramelakukanpenyegarankeilmuandenganmengikutilokakaryakursusworkshopdanseminar.