Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan / Bekti Wahyuni Dwi Sulistyowati

Main Author: Sulistyowati, Bekti Wahyuni Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/34202/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSulistyowatiB.W.D.2008.PengaruhPersepsiSiswatentangGayaMengajarGurudanKualitasSekolahterhadapMotivasiBelajarSiswaJurusanAkuntansidiSMKNegeri1Magetan.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurikaRestuningdiahS.E.M.Si.Ak(II)TriadiAgungSudartoS.E.Ak.M.Si.KatakuncipersepsisiswagayamengajargurukualitassekolahmotivasibelajarGayamengajarguruadalahsalahsatukomponendariketrampilanmenggunakanvariasi.Gayamengajarguruberbeda-bedatergantungdarikretivitasguruuntukmenciptakanprosesbelajarmengajaryangmenarik.Penggunaanvariasidalammengajardiperlukanuntukmengatasikebosananataukejenuhanyangdialamisiswadidalamprosesbelajardikelassehinggasiswamemilikimotivasibelajar.Motivasibelajarsiswajugadapatditimbulkandarikualitassekolahnya.Apabilasiswatelahmerasapuasdengankualitassekolahnyamakaakanmunculfeedbackyangberbentuktingkahlakusalahsatunyaadalahdenganmeningkatnyamotivasibelajarsiswa.Halinidikarenakansiswaberanggapanbahwasekolahmerekaberkualitasbaiksehinggaagartidaktertinggaldarisiswalainnyamakamerekaakanberlomba-lombauntukbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpersepsisiswatentanggayamengajargurudankualitassekolahbaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadapmotivasibelajarsiswa.Penelitianinitermasukpenelitianeksplanasi(explanatoryresearch)denganpendekatansurvey.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswajurusanAkuntansidiSMKNegeri1Magetandanpenggunaansampelnyamenggunakanteknikproportionalstratifiedrandomsampling.Instrumendalampenelitianinimenggunakanangketdandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakanPearsonProductMomentuntukujivaliditasAlphaCronbachuntukujireliabilitasdanregresibergandauntukmengetahuipengaruhbaiksecaraparsialmaupunsimultandarivariabel-variabeldalampenelitianini.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwa(1)persepsisiswatentanggayamengajarguruberpengaruhterhadapmotivasibelajaryangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilait4149dansignifikant0000(2)persepsisiswatentangkualitassekolahtidakberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswayangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilait1963dansignifikant0053(3)persepsisiswatentanggayamengajargurudankualitassekolahberpengaruhsecarasimultanterhadapmotivasibelajarsiswayangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaiF1963dansignifikanF0000.Adapunkoefisiendeterminasivariabelbebasnya(Rsquare)adalahsebesar0364atausebesar364%merupakankontribusidarigayamengajarguru(X1)dankualitassekolah(X2)terhadapmotivasibelajar(Y).Sedangkansisanyasebesar636%merupakankemungkinanberubahnyamotivasibelajarsiswayangdisebabkanolehvariabellainyangtidakditelitiataudiluarpenelitianini.