Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan / Bekti Wahyuni Dwi Sulistyowati
Main Author: | Sulistyowati, Bekti Wahyuni Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34202/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistyowatiB.W.D.2008.PengaruhPersepsiSiswatentangGayaMengajarGurudanKualitasSekolahterhadapMotivasiBelajarSiswaJurusanAkuntansidiSMKNegeri1Magetan.SkripsiProgramStudiPendidikanAkuntansiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurikaRestuningdiahS.E.M.Si.Ak(II)TriadiAgungSudartoS.E.Ak.M.Si.KatakuncipersepsisiswagayamengajargurukualitassekolahmotivasibelajarGayamengajarguruadalahsalahsatukomponendariketrampilanmenggunakanvariasi.Gayamengajarguruberbeda-bedatergantungdarikretivitasguruuntukmenciptakanprosesbelajarmengajaryangmenarik.Penggunaanvariasidalammengajardiperlukanuntukmengatasikebosananataukejenuhanyangdialamisiswadidalamprosesbelajardikelassehinggasiswamemilikimotivasibelajar.Motivasibelajarsiswajugadapatditimbulkandarikualitassekolahnya.Apabilasiswatelahmerasapuasdengankualitassekolahnyamakaakanmunculfeedbackyangberbentuktingkahlakusalahsatunyaadalahdenganmeningkatnyamotivasibelajarsiswa.Halinidikarenakansiswaberanggapanbahwasekolahmerekaberkualitasbaiksehinggaagartidaktertinggaldarisiswalainnyamakamerekaakanberlomba-lombauntukbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpersepsisiswatentanggayamengajargurudankualitassekolahbaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadapmotivasibelajarsiswa.Penelitianinitermasukpenelitianeksplanasi(explanatoryresearch)denganpendekatansurvey.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswajurusanAkuntansidiSMKNegeri1Magetandanpenggunaansampelnyamenggunakanteknikproportionalstratifiedrandomsampling.Instrumendalampenelitianinimenggunakanangketdandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakanPearsonProductMomentuntukujivaliditasAlphaCronbachuntukujireliabilitasdanregresibergandauntukmengetahuipengaruhbaiksecaraparsialmaupunsimultandarivariabel-variabeldalampenelitianini.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwa(1)persepsisiswatentanggayamengajarguruberpengaruhterhadapmotivasibelajaryangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilait4149dansignifikant0000(2)persepsisiswatentangkualitassekolahtidakberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswayangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilait1963dansignifikant0053(3)persepsisiswatentanggayamengajargurudankualitassekolahberpengaruhsecarasimultanterhadapmotivasibelajarsiswayangterbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaiF1963dansignifikanF0000.Adapunkoefisiendeterminasivariabelbebasnya(Rsquare)adalahsebesar0364atausebesar364%merupakankontribusidarigayamengajarguru(X1)dankualitassekolah(X2)terhadapmotivasibelajar(Y).Sedangkansisanyasebesar636%merupakankemungkinanberubahnyamotivasibelajarsiswayangdisebabkanolehvariabellainyangtidakditelitiataudiluarpenelitianini.