Penerapan model pembelajaran think-pair-share untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas XI/IPS 4 MAN Kota Blitar tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran akuntansi / Fajriya Muthmainah
Main Author: | Muthmainah, Fajriya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34157/ |
Daftar Isi:
- Pembelajarandikelasmerupakansuatuprosesyangterdiridariberbagaikegiatanyangbertujuanuntukmembelajarkansiswa.Didalamprosestersebutdiperlukanadanyamodelpembelajaranyangtepatsehinggakegiatanyangdilakukandapatdiarahkanuntukmencapaitujuanbelajaryangdiinginkan.Think-pair-sharemerupakanmodelpembelajaranyangdimulaidenganmengajukansuatupertanyaansiswadiajakberfikiruntukmenjawabpertanyaantersebut(think)kemudianberdiskusisecaraberpasanganuntuksalingmembantusatusamalain(pair)dandiakhiridenganberbagijawabandalamsatukelas(share).Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahmeningkatnyakemampuanbertanyamenjawabdanhasilbelajarsiswa.Penilaiankemampuanbertanyameliputiaspekkualitaspertanyaanrelevansibahasadanfrekuensi.Penilaiankemampuanmenjawabmeliputiaspekkebenaranjawabanrelevansibahasadanfrekuensi.Sedangkanhasilbelajarsiswadiukurdariranahkognitif.JenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdandilakukandalamduasiklusyaituselamabulanMaret-Mei2008.JenisdatayangdigunakanadalahdataprimeryangbersumberlangsungdarisubjekpenelitianyaitusiswakelasXI/IPS4MANKotaBlitar.Teknikpengumpulandataadalahobservasidokumentasiwawancaratestertulisdancatatanlapangan.Sedangkanteknikanalisisdataterdiridaritahapreduksidatapenyajianataupaparandatadanpenarikankesimpulan.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadapeningkatankemampuanbertanyasiswadari6525%padasiklusImenjadi7422%padasiklusII(skala0%-100%).Kemampuanmenjawabsiswajugameningkatdari7813%padasiklusImenjadi8482%padasiklusII(skala0%-100%).Hasilbelajarpadaranahkognitifyangsemularata-ratanyahanya59884padasaatsebelumtindakanmenjadi62738padasiklusIdanmenjadi75037padasiklusII(skala0100).Dalampenerapanmodelpembelajaraninidisarankanagargurumeningkatkankegiatannyauntukmengamatidanmembimbingsiswaterutamapadatahappairyangmasihseringkalidimanfaatkansiswauntukmengobrol.Untukpenelitianselanjutnyahendaknyahasilbelajarsiswatidakhanyadiukurdariranahkognitifmelainkanjugadariranahafektifdanpsikomotorik.