Pengaruh emotional quotient (EQ), spiritual quotient (SQ), dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Dwi Nur Hidayani

Main Author: Dwi Nur Hidayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/34087/
Daftar Isi:
  • PeningkatanmutupendidikandankualitasdarisiswasiswilulusanSMKyangmempunyaikemampuandalammemecahkanmasalahsertatangguhdansiapbekerjaketikaterjundimasyarakattentulahharapankitabersama.ParadigmadimasyarakatyangmenyatakanbahwaIntelligenceQuotient(IQ)adalahsegalanyamulaibergeserpadaEmotionalQuotient(EQ)danSpiritualQuotient(SQ).Sertayangtakakanpernahlepasadalahdukungankeluargadalamhaliniorangtuayangmemegangperananterbesardalampendidikananakmerupakanfaktorpenentudalampengembanganprestasinyadisekolah.Olehkarenaitutingkatpendidikanorangtuajugaakanmempengaruhipolapikirnyaketikamendidikanakuntukbersekolahdanmeraihprestasidisekolahmaupunmasyarakat.Penelitianiniinginmengetahuiapakahemotionalquotientspiritualquotientdantingkatpendidikanorangtuamampumempengaruhiprestasisiswapadamatapelajaranakuntansi.Penelitianinimempunyaitigavariabelbebas(X)yaituemotionalquotient(X1)spiritualquotient(X2)dantingkatpendidikanorangtua(X3)sedangkanvariabelterikatnya(Y)adalahprestasisiswapadamatapelajaranakuntansi.Penelitianinitergolongpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanrancanganpenelitianexplanatory(penjelasan)dengantujuanuntukmengetahuipengaruhantarvariabelsecaraparsialdanpengaruhpalingdominan.Populasidalampenelitianiniadalahsiswa-siswiSMKArdjuna1Malangyangmenempuhmatapelajaranakuntansiyaitu172siswa.Teknikyangdigunakandalampengambilansampeladalahteknikstratifiedproportionalrandomsamplinghalinidisebabkankarenapengambilansampeldilakukanpada2tingkatanyaknikelas1(satu)dan2(dua)Daritiaptingkatandankelasakandiambilsampelsecaraacakkarenabanyaknyapopulasi.Jumlahsampelyangdiambildalampenelitianiniyakni50siswakelas1(satu)sebanyak20siswadankelas2(dua)sebanyak30siswa.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)Adapengaruhyangsignifikanantaraemotionalquotient(EQ)denganprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidiSMKArdjunaIMalang.Dariinidapatdisimpulkanbahwaemotionalquotient(EQ)dapatmempengaruhiprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidengannilaib10368nilait3256(p0002).(2)spiritualquotientdapatmempengaruhiprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidengannilaib20508nilait3732(p0001).Tingkatpendidikanorangtuadapatmempengaruhiprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidengannilaib32393nilait2472(p0017).Dariketigavariabelbebasyaituemotionalquotientspiritualquotientdantingkatpendidikanorangtuasecarakeseluruhanmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidengannilaib10368b20508b32393nilaiF15551(p0000).Denganmelihathasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwaemotionalquotientspiritualquotientdantingkatpendidikanorangtuasecaraparsialmempengaruhiprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansi.Dandenganhasilsumbanganefektifsebesar221676%lebihtinggidaripadanilaiSEvariabellainnyaspiritualquotientmempunyaipengaruhpalingdominandalamprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansi.471%perubahanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansidisebabkanolehperubahanemotionalquotientspiritualquotientdantingkatpendidikanorangtuasedangkansisanya529%disebabkanolehfaktorlainyangtidakdimasukkandalampenelitianini.