Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sulimah Irawati
Main Author: | Sulimah Irawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34072/ |
Daftar Isi:
- Kualitaspengajaransangatmenentukankeberhasilansiswadansalahsatunyatergantungbagaimanacaragurumenyajikanmateriyangharusdiajarkan(metodemengajar).Setiapmetodemengajaryangdipilihdandigunakanolehgurumembawapengaruhlangsungmaupuntidaklangsungterhadappencapaianhasilyangdiharapkan.Penggunaanmetodemengajaryangbervariasimerupakanstimulusyangmenghendakitanggapandarisiswadanbergantungbagaimanasiswaakanmenyikapinya.Persepsiyangmerupakansuatuproseskognitifterhadapstimulusyangditerimaolehpancainderaberfungsiuntukmemberikanmotivasiterhadapkonsekuensiperilaku.Adanyavariasimetodemengajarbertujuanagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutiprosesbelajarmengajardikelassehingganantinyadiharapkansiswadapattermotivasiuntukmengikutipelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpersepsisiswamengenaivariasimetodemengajarguruterhadapmotivasibelajarakuntansisiswaAkuntansidiSMKBMArdjuna01Malangtahunajaran2006/2007.Adapunvariabelbebas(X)yangdigunakanadalahpersepsisiswamengenaivariasimetodemengajargurusedangkanvariabelterikat(Y)adalahmotivasibelajarakuntansisiswa.Penelitianinimenggunakanpenelitianeksplanasi.PopulasipenelitianadalahsiswajurusanAkuntansidiSMKBMArdjuna01Malangyangberjumlah163siswa.Metodeyangdipakaidalampenelitiansampeladalahteknikpurposivesampling.SampelpenelitianmengambilsiswakelasIIAkuntansibaikdariII-A/AkmaupunII-B/Ak.Penelitianmengambilsampelsebanyak50siswaatausekitar30%daripopulasi.AdapunteknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptifdanregresiliniersederhanasertadiolahdenganbantuankomputerprogramSPSSforWindowsVersi1000.Darihasilpengujianhipotesisdiperolehnilaiujituntukpersepsisiswaadalah4751dengansignifikansi0000005sehinggaHoditolakHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaadapengaruhyangsignifikanantarapersepsisiswamengenaivariasimetodemengajarguruterhadapmotivasibelajarakuntansisiswaAkuntansidiSMKBMArdjuna01MalangTahunAjaran2006/2007.Saranyangdapatdiajukandalampenelitianiniadalah1)Penelitilainyangberminatterhadapmasalahyangsamahendaknyahasilpenelitianinidikembangkanmengingatketerbatasanyangada2)Guruhendaknyalebihmeningkatkankemampuannyadalammenggunakanmetodeyangbervariasiagarsiswalebihtermotivasiuntukbelajardan3)Kepalasekolahhendaknyamemperhatikanmemberikanpengarahandanbantuanbagiguruyangmempunyaimasalahdalammengajaragarketerampilanmengajarnyatetapbaikkhususnyadalampenggunaanmetodemengajarmisalnyadenganpelatihanataupunseminarguru.