Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sulimah Irawati

Main Author: Sulimah Irawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/34072/
Daftar Isi:
  • Kualitaspengajaransangatmenentukankeberhasilansiswadansalahsatunyatergantungbagaimanacaragurumenyajikanmateriyangharusdiajarkan(metodemengajar).Setiapmetodemengajaryangdipilihdandigunakanolehgurumembawapengaruhlangsungmaupuntidaklangsungterhadappencapaianhasilyangdiharapkan.Penggunaanmetodemengajaryangbervariasimerupakanstimulusyangmenghendakitanggapandarisiswadanbergantungbagaimanasiswaakanmenyikapinya.Persepsiyangmerupakansuatuproseskognitifterhadapstimulusyangditerimaolehpancainderaberfungsiuntukmemberikanmotivasiterhadapkonsekuensiperilaku.Adanyavariasimetodemengajarbertujuanagarsiswatidakmerasajenuhdalammengikutiprosesbelajarmengajardikelassehingganantinyadiharapkansiswadapattermotivasiuntukmengikutipelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpersepsisiswamengenaivariasimetodemengajarguruterhadapmotivasibelajarakuntansisiswaAkuntansidiSMKBMArdjuna01Malangtahunajaran2006/2007.Adapunvariabelbebas(X)yangdigunakanadalahpersepsisiswamengenaivariasimetodemengajargurusedangkanvariabelterikat(Y)adalahmotivasibelajarakuntansisiswa.Penelitianinimenggunakanpenelitianeksplanasi.PopulasipenelitianadalahsiswajurusanAkuntansidiSMKBMArdjuna01Malangyangberjumlah163siswa.Metodeyangdipakaidalampenelitiansampeladalahteknikpurposivesampling.SampelpenelitianmengambilsiswakelasIIAkuntansibaikdariII-A/AkmaupunII-B/Ak.Penelitianmengambilsampelsebanyak50siswaatausekitar30%daripopulasi.AdapunteknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptifdanregresiliniersederhanasertadiolahdenganbantuankomputerprogramSPSSforWindowsVersi1000.Darihasilpengujianhipotesisdiperolehnilaiujituntukpersepsisiswaadalah4751dengansignifikansi0000005sehinggaHoditolakHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaadapengaruhyangsignifikanantarapersepsisiswamengenaivariasimetodemengajarguruterhadapmotivasibelajarakuntansisiswaAkuntansidiSMKBMArdjuna01MalangTahunAjaran2006/2007.Saranyangdapatdiajukandalampenelitianiniadalah1)Penelitilainyangberminatterhadapmasalahyangsamahendaknyahasilpenelitianinidikembangkanmengingatketerbatasanyangada2)Guruhendaknyalebihmeningkatkankemampuannyadalammenggunakanmetodeyangbervariasiagarsiswalebihtermotivasiuntukbelajardan3)Kepalasekolahhendaknyamemperhatikanmemberikanpengarahandanbantuanbagiguruyangmempunyaimasalahdalammengajaragarketerampilanmengajarnyatetapbaikkhususnyadalampenggunaanmetodemengajarmisalnyadenganpelatihanataupunseminarguru.