Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang / Selviani Saludung

Main Author: Selviani Saludung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/34067/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaludungSelviani.2007.PengaruhMetodePembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivisionsTerhadapPrestasiBelajarSiswaPadaMataDiklatAkuntansiDiSMKShalahuddinMalang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DR.BambangSugengS.E.M.A.M.M.Akdan(2)YuliWidiAstutiS.E.AkKataKunciMetodePembelajaranKooperatifStudentTeamsAchivementDivisions(STAD)PrestasiBelajarAkuntansiMetodepembelajaranmemilikiperananyangpentingdalamprosespembelajaran.Penggunaansalahsatumetodepembelajaranmempunyairelevansiterhadapkemampuanyangdiharapkandapatdimilikiolehsiswa.Metodepembelajaranyangselamainidigunakanadalahmetodepembelajarankonvensionaldimanametodeinimasihkurangmampuuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Metodekonvensionalcenderungtidakmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaransehinggasiswatidaktermotivasiuntukmengikutiaktivitaspembelajaran.SalahsatumetodepembelajaranyangberorientaipadasiswaadalahmetodepembelajarankooperatifmodelSTADyangmanametodeinimampuuntukmengaktifkansiswaselamaprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyaperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdengansiswayangdiajardenganmetodepembelajarankonvensional.Penelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimen.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasISMKShalahuddinMalangtahunajaran2006/2007sedangkansampelyangdiambiladalahsiswakelasIbsebagaikelompokeksperimendankelasIcsebagaikelompokkontrol.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahanalisisujibeda(t-test)danujiMannWhitney.HasilpenelitianinimenunjukkanadanyaperbedaanprestasibelajarsecarasignifikanantarasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdengansiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankonvensional.PenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADlebihefektifdalammeningkatkanprestasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagarmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdijadikansalahsatualternatifpilihanbagiguruakuntansiataugurubidangstudilainnyauntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadanjugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutdenganmenggunakanpopulasiyanglebihluasataumenambahvariabeldalampenelitian.