Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang / Selviani Saludung
Main Author: | Selviani Saludung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/34067/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaludungSelviani.2007.PengaruhMetodePembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivisionsTerhadapPrestasiBelajarSiswaPadaMataDiklatAkuntansiDiSMKShalahuddinMalang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)DR.BambangSugengS.E.M.A.M.M.Akdan(2)YuliWidiAstutiS.E.AkKataKunciMetodePembelajaranKooperatifStudentTeamsAchivementDivisions(STAD)PrestasiBelajarAkuntansiMetodepembelajaranmemilikiperananyangpentingdalamprosespembelajaran.Penggunaansalahsatumetodepembelajaranmempunyairelevansiterhadapkemampuanyangdiharapkandapatdimilikiolehsiswa.Metodepembelajaranyangselamainidigunakanadalahmetodepembelajarankonvensionaldimanametodeinimasihkurangmampuuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Metodekonvensionalcenderungtidakmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajaransehinggasiswatidaktermotivasiuntukmengikutiaktivitaspembelajaran.SalahsatumetodepembelajaranyangberorientaipadasiswaadalahmetodepembelajarankooperatifmodelSTADyangmanametodeinimampuuntukmengaktifkansiswaselamaprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyaperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdengansiswayangdiajardenganmetodepembelajarankonvensional.Penelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimen.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasISMKShalahuddinMalangtahunajaran2006/2007sedangkansampelyangdiambiladalahsiswakelasIbsebagaikelompokeksperimendankelasIcsebagaikelompokkontrol.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahanalisisujibeda(t-test)danujiMannWhitney.HasilpenelitianinimenunjukkanadanyaperbedaanprestasibelajarsecarasignifikanantarasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdengansiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankonvensional.PenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADlebihefektifdalammeningkatkanprestasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagarmetodepembelajarankooperatifmodelSTADdijadikansalahsatualternatifpilihanbagiguruakuntansiataugurubidangstudilainnyauntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadanjugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutdenganmenggunakanpopulasiyanglebihluasataumenambahvariabeldalampenelitian.