Layanan transportasi sekolah untuk menekan tidak masuk dan terlambat ke sekolah bagi siswa (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar) / Kariono
Main Author: | Kariono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3404/ |
Daftar Isi:
- KataKuncilayanantransportasitransportasisekolahtidakmasukdanterlambatLayanantransportasisekolahmerupakansaranatransportasibagisiswauntukkelancaranprosesbelajarmengajar.Siswaakanmerasaamandandapatmasukataupulangsekolahdenganwaktuyangtepat.Penyelenggaratransportasisekolahadalahsekolahitusendiriataupihakswastayangbekerjasamadengansekolahtersebut.Layanantransportasiinibiasadisebutdenganlayananantarjemputsiswakarenatransportasiiniselalumenjemputdanmengantarsiswamulaidarirumahkesekolahsampaisiswatersebutpulangkerumahnya.Adanyalayanantransportasisekolahinisiswatidakakanterlambatkesekolahdantentunyaparaorangtuaakanmerasaterbantu.Penelitianinidilaksanakanuntukmendeskripsikanfokuspenelitiantentanglayanantransportasisekolahmeliputi(1)Keragamanradius/jarakdangeografisdaritempattinggalsiswakesekolah(2)Transportasiyangdigunakansiswa(3)Siswayangmembutuhkantransportasisekolah(4)PengelolaanlayanantransportasidiSDITAl-Hikmah(5)faktorpendukungdanpenghambatsertaupayamengatasinya(6)Kegiatanyangdilakukansekolahuntukmeningkatkanlayanantransportasi(7)Kedisiplinansiswaterkaitdenganketepatanwaktumasuksekolahsetelahadanyalayanantransportasi(8)Transportasiyangdisediakansekolahmenekanterlambatdantidakmasuksiswadisekolah.Penelitianinimenggunakanrancangankualitatif.Datapenelitianinidikumpulkandandinyatakandalambentukkata-katamelaluimetodeobservasiwawancaradandokumentasisehinggadenganinformasiyangdiperolehbisadiketahuibagaimanalayanantransportasisekolahuntukmenekantidakmasukdanterlambatkesekolahbagisiswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaitupenelitisendiri.Penjagaankeabsahandatadilakukanmelaluitriangulasidata.Analisisdatadimulaidaritahappenelaahantahapidentifikasidanklarifikasidantahapevaluasi.Berdasarkanhasilanalsisdatadiperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut(1)Keragamanradius/jaraktempattinggalsiswaberbeda-bedajarakterdekat5kmdanjarakterjauh25km(2)TransportasiyangdigunakansiswakebanyakanadalahL300(3)Siswayangmembutuhkantransportasiiniadalahsiswayangorangtuanyasibuk(4)Pengelolaanlayanantransportasiyangmeliputiperencanaanpengorganisasianpengontrolandanpengevaluasian.Dalamlayananinifungsimenjemeniniseringterlupakansehinggaproseskegiatantransportasimenjadikurangmaksimal(5)Pendukungtransportasiiiadalahsikapkekelurgaansemuapihakpenghambatmeliputiseringnyakemacetandijalanyangmembuatsopirharusmencarijalanpintasseringnyamobilmogokyangharusdapatdiantisipasidenganselalumengontrolkondisimobil(6)Upayasekolahmeningkatkantransportasidenganmemperketatseleksimobilmobilharuskeluarantahun2000keataspemberiansangsiyangtegasterhadappelanggaran(7)Kedisiplinansiswatentangterlambatdantidakmasukkesekolahberkurangkarenaadanyalayanantransportasiyangselaluberupayauntukmeningkatkankedisiplinansiswasupayadapatmeningkatkankualitaspendidikandan(8)Transportasiinimenekantidakmasukdanterlambatsiswakesekolahkarenasemuapihakmenerapkankedisiplinanyangtinggi.Berdasarkanimplikasihasilpenelitianmakadikemukakansaranbagi(1)KepalaSDITAl-Hikmahpentingnyalayanantransportasisekolahdalammenekantidakmasukdanterlambatsiswasekolahdisarankanbagikepalasekolahuntukikutmeningkatkanlayananinidenganbaikkarenalayananinijugaakanberpengaruhterhadapkemajuansekolahkarenalayananinicukupjarangada.Secaratidaklangsunglayananiniakanmenjadijatidirisekolahdanjugaakanmeningkatkankualitasdalamlayanankhususnyasehinggaakanmampuuntukmenyerappesertadidikbaruyanglebihbanyak(2)Koordinatorharuslebihbisamengkondisikansopir-sopirdanjugaaktifmengontrolpelaksanaanantarjemputgunauntukmeningkatkanlayanantransportasiinikearahyanglebihbaik(3)BagiSiswamenjadibahansumbanganmengenaimenejemenlayanantransportasisekolah(4)BagiOrangtuamenjadibahanmasukandalammemilihlayanantransportasi(5)BagiSopirmenjadibahanmasukandalammenjalankankendaraanagarselamatjugagambarandalammelayanitransportasianakusiasekolahdasar.(6)BagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikanhasilpenelitianinibisadijadikantambahanreferensibagijurusanAdministrasiPendidikandanlebihmeningkatkankompetensimahasiswadalammemahamikonsepdanmanfaatyangdiperolehdarilayananinidan(7)BagiPenelitiselanjutnyaagarlebihmenyempurnakanhasilpenelitiansehinggadapatmengembangkankualitasdarilayanantransportasisekolah.