Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian Handphone Merk Nokia (Studi pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang) / Yuni Bagus Wibowo

Main Author: Wibowo, Yuni Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/34023/
Daftar Isi:
  • KatakunciFaktorPsikologisKeputusanPembelianPerkembanganusahabisnisdalameraglobalisasisaatinisemakinpesatditandaidengantingkatpersainganantarperusahaanyangsangattinggi.PonselmerupakansalahsatuprodukelektronikyangmengalamikemajuandansudahdikenalsangatluasdiIndonesiadandiduniadansalahsatumerkponselyangdiminatisaatiniadalahNokia.Untukmenentukanpilihanbiasanyakonsumenakanmembuatkeputusanpembeliandimanakeputusanyangseringdiambiladalahkeputusantentangjenisprodukyangakandibelimerkapayangakandibeliberapaharganyasertabagaimanakualitasnya.Faktorpsikologisadalahsalahsatufaktoryangtimbuldaridalamdirikonsumenyangsangatmempengaruhikeputusanpembelian.Penelitianinitermasukjenispenelitiandeskriptifdaneksplanatoryresearchyangbertujuanuntukmengetahui(1)kondisifaktorpsikologis(motivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap)terhadapkeputusanpembelianhandphoneNokia.(2)pengaruhfaktorpsikologis(motivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap)secaraparsialdansimultanterhadapkeputusanpembelianhandphoneNokia.Penelitianinimempunyailimavariabelyaituvariabelbebas(X)yangmeliputimotivasi(X1)persepsi(X2)pembelajaran(X3)keyakinandansikap(X4)sertavariabelbebasyangmeliputikeputusanpembelian(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahparapenghunikosJalanJombangdiKelurahanGadingksriKecamatanKlojenKotaMalang.Pengambilansampelsebanyak100orangdenganteknikaccidentalsampling.Pengujianhipotesisdilakukandenganmenggunakananalisisregresilinearberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)FaktorpsikologiskonsumententanghandphonemerkNokiacukupbaikdankeputusankeputusanpembelianterhadaphandphonemerkNokiatergolongbaik.(2)FaktorpsikologissecaraparsialmemilikipengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianhandphonemerkNokiapadapenghunikosJalanJombangKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalangyangdibuktikandengannilaisignifikansivariabelmotivasisebesar0000variabelpersepsisebesar0001variabelpembelajaransebesar0004danvariabelkeyakinandansikapsebesar0001.(3)FaktorpsikologisyangterdiridarimotivasipersepsipembelajarankeyakinandansikapsecarasimultanmemilikipengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianhandphonemerkNokiapadapenghunikosJalanJombangKelurahanGadingkasriKecamatanKlojenKotaMalangdengannilaisignifikansisebesar00000005.(4)Variabelyangmemilikipengaruhdominanterhadapkeputusanpembelianadalahvariabelmotivasidengannilaibetasebesar0286.ivKesimpulanyangterkaithasilpenelitianiniadalah(1)Faktorpsikologis(motivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap)secaraparsialberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianhandphonemerkNokia(2)Faktorpsikologis(motivasipersepsipembelajarankeyakinandansikap)secarasimultanberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianhandphonemerkNokia(3)FaktoryangberpengaruhdominanterhadapkeputusanpembelianhandphonemerkNokiaadalahmotivasi.Saranyangdirekomendasikanterkaithasilpenelitianadalahkonsumendiharapkanmembeliprodukyangdapatmenunjangkegiatanmerekakonsumenharuslebihmemperhatikaninformasitentanghandphoneyangmerekabelikonsumenharuslebihmemahamipetunjuktentangcarapenggunaanhandphonedenganbaikkonsumensebaiknyalebihmemahamiinformasiyangdiberikanolehsuatumerkhandphoneagarmerekadapatmengetahuiapakelebihanproduktersebut.