Manajemen sumber daya manusia sekolah satu atap (studi kasus di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang) / Suci Roh Artini
Main Author: | Artini, Suci Roh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3395/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimanajamenmanajemensumberdayamanusiaManajemenadalahprosespengelolaanyangmelibatkansumberpotensialbaikbersifatmanusiamaupunnonmanusiadalamrangkamencapaitujuanyangefektifdanefisiensesuaidengankesepakatanyangtelahdisepakatibersama.Manajemensumberdayamanusiameliputikegiatanperencanaansumberdayamanusiaterdiriatas(1)rekrutmenpegawai(2)seleksipegawaidan(3)penempatanpegawaipengorganisasisumberdayamanusiapengembangansumberdayamanusiapemberiankesejahteraansumberdayamanusiapemberiansupervisisumberdayamanusiapembinaaniklimkerjaorganisasisumberdayamanusiadanevaluasisumberdayamanusiadalamrangkapenilaiankinerjasetiappegawai.PenelitianinidilakukandiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangyangletaknyadilokasiSDNKucur02desaKucurKecamatanDaudenganmenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.Prosedurpengumpulandatayangdigunakanmeliputi(1)wawancaramendalam(2)observasiberperansertadan(3)studidokumentasi.Teknikanalisadatayangdigunakanadalahreduksidatadisplaydatadanpenarikankesimpulan.HasilyangdiperolehdalampenelitianinimanajemensumberdayamanusiadiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangterbagipadatahapperencanaanpengoranisasianpengembanganpemberiankesejahteraanpemberiansupervisipembinaaniklimkerjadanevaluasi.PadatahapperencanaanrekrutmenpegawaiyangdilakukanyaitupembentukanpanitiaperekrutanpenetapanprosedurpendaftarandancarapemberianinformasikepadamasyarakattentangadanyaperekrutanpegawaibarudiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalang.Perekrutangurutidaktetap(GTT)dilakukanolehkepalasekolahkomitesekolahsertakumpulanmasyarakatyangpeduliakanpendidikandidesaKucurdanguruyangadadiSekolahSatuAtapyangterbentuksebagaipanitiaperekrutanpegawaibaruwalimurid.SedangkanuntukguruPNSdiperolehdarijatahPemerintahseleksipegawaidiSMPN2DauSatuAtapmelibatkankepalasekolahguru-gurukomitesekolahyangterdiriatassatuorangistrikepaladusundanduaorangmantankepaladesapenempatanpegawaidiSDNKucur02dibutuhkangurukelassedangkankualifikasiyangdibutuhkanuntukmengajarSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangadalahguruyangsesuaijurusan.Guru-guruyangmengajar50%guruSDNKucur02dan50%guruluaratauGTT.Tahapselanjutnyapengorganisasiandisesuaikandengankemampuandankeahlianmengajaryangdimilikimasing-masingguru.GurudiSMPN2DauSatuAtapKabipatenMalangharusmemiliki4(empat)kompetensimeliputi(1)kompetensipaedagogik(2)kompetensikepribadian(3)kompetensiprofesionaldan(4)kompetensisosial.PengembanganSekolahSatuAtapmenekankanpelatihandenganmetodeonthejobtrainingdanofthejobtraining.PemberiankesejahteraandiwujudkandenganpenggajianguruPNSSDNKucur02diberikansetiap1bulansekaliolehPemerintahPusatsedangkanSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangdiberikanolehPemerintahDaerah.SupervisidiSekolahSatuAtapdiberikanyaitusupervisiindividualconferencediberikan1bulansekalikunjungankelasdansupervisirekansejawat(supervisionofcolleague)pembuatanprota1kalisetiapajarandanpromessetiapsemester.MenciptakanpolaiklimkerjayangkondusifantargurudiSekolahSatuAtapgurudiSekolahSatuAtapdenganmuriddanGuruSekolahSatuAtapdengankepalasekolah.TahapyangterakhiryaituevaluasidilaksanakanolehlangsungolehUPTSMPdalamhalinidilaksanakaanlangsungolehkepalasekolahpengawasdariUPTDTK/SDDanPLSKecamatanDauKabupatenMalangdanpembinaanpengawastingkatkabupatenuntukSMPyaitupengawasbidangSekmen(SekolahMenengah)daripengawasDinasPendidikan.Darihasilpenelitiantersebutsaran-saranyangdiajukanyaitu(1)bagikepalasekolahSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangdapatdijadikansebagaibahanevaluasidanperbaikanSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangagarlebihmeningkatkankualitaspengelolaansumberdayamanusia(2)bagipendidikdapatdigunakansebagaibahananalisismengenaikinerjayangtelahditerapkanmenujukearahperbaikankhususnyadalammengelolasumberdayamanusia(3)bagikaryawandiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangdapatdigunakansebagaibahanpengembangandalamrangkapengotmimalisasianpeningkatanpengelolaanmanajemensumberdayamanusiadiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalang(4)bagikomitesekolahdiSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangdapatmemberikanilmudansumbangsihnyauntukmendukungsertamemberikanmasukkankepalasekolahSMPN2DauSatuAtapKabupatenMalangkhususnyadalampengembanganmanajemensumberdayamanusia(5)bagiketuaJurusanAdministrasiPendidikandapatdijadikansebagaitambahanbahankajianpengembanganilmuManajemenSumberDayaManusianantinyadapatmemberikankontribusiyangpositifterhadapperkembanganjurusanAdministrasiPendidikandan(6)bagipenelitilainagardapatmengembangkanpenelitianserupatentangmanajemensumberdayamanusiadenganstudikasusyangberbeda.