Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian simpati (Studi pada konsumen simpati di citra seluler, Malang) / Fery Moniagara
Main Author: | Moniagara, Fery |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/33576/ |
Daftar Isi:
- KataKunciAtributProdukKeputusanPembelianPengaruhglobalisasisangatbesarterhadappersainganduniabisnissaatini.Persaingandibidangpemasaranmenghadapibanyaktantangansehinggatiapperusahaandituntutuntukmenerapkanstrategipemasaranyangtepat.Dayatariksuatuproduktidakdapatdilepaskandariatributprodukyangadakarenaatributprodukmerupakansalahsatudariwujudnyatasuatuproduk.Atributprodukmerupakanalatyangcukupefektifdalammempengaruhikonsumenmelaluiatributprodukdapatmerangsangkonsumenuntukmelakukanpembelianproduk.Operatorteleponseluleryaitusimpatimerupakanprodukjasayangmemberikanlayanandanfasilitasbagipenggunaponselagardapatberkomunikasi.Selamainisimpatimerupakanmarketleadernamundenganmunculnyapesaingbaruyangjugamemberikanfitur-fiturmaupunatributprodukyangtidakkalahbersaing.Simpatiharusmempertahankanposisinyamakadiperlukanusahaagaratributprodukyangditawarkantetapkompetitif.Olehkarenaituatributproduksebaiknyatetapjadiperhatiankarenaatibutprodukdapatmenimbulkanpengaruhkonsumenuntukmelakukanpembelian.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhsecaraparsialdansimultanvariabelatributprodukterhadapkeputusanpembelianSimpati.Penelitianinimempunyai2variabelyaituvariabelindependen(X)yangterdiridariMerek(X1)Harga(X2)Kualitas(X3)danLayananTamabahan(X4)danvariabeldependen(Y)KeputusanPembelian.PenelitianinidilakukanpadakonsumensimpatidicitraselulerMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifdananalisisregresibergandadatadiperolehdenganmenggunakanteknikkuesionertertutup.Populasitidakdiketahuijumlahnyasehinggadalampengambilansampelmenggunakantekniksampelaksidentaldanrumusinfinitepopulation.Jumlahsampelyangdiambilsebanyak139orang.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanSPSSforWindows160.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)merekdarihasilanalisisdatadiperolehnilai10456thitung6210signifikant0000.Halinimenunjukkanmerekberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian(2)hargadarihasilanalisisdatadiperoleh20277nilait3049signifikant0003.Halinimenunjukkanhargaberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian(3)kualitasdarihasilanalisisdatadiperoleh30021nilait0243signifikant0808.Halinimenunjukkankualitastidakberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian(4)layanantambahandarihasilanalisisdatadiperoleh40203nilait2682signifikant0008.Halinimenunjukkanlayanantambahanberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasmakadapatdisimpulkansecaraparsialterdapat3variabelyangmenunjukkansignifikansiterhadapkeputusanpembelianyaitumerekhargadanlayanantambahansedangkanvariabelkualitastidakberpengaruhterhadapkeputusanpembelian.Secarasimultanmerekhargakualitasdanlayanantambahanberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian.Saranyangdapatdiberikanberkaitandengantemuanyangtelahdiperolehadalahbagiperusahaansebaiknyatetapmempertahankanpersepsimerekkarenamemilikipengaruhpalingdominandalamkeputusanpembeliankonsumen.