Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Liza Amalia Rezka
Main Author: | Rezka, Liza Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/33574/ |
Daftar Isi:
- KatakunciRelationshipmarketingloyalitaskonsumenRelationshipMarketingakanberlangsungdenganbaikjikaparapelangganmempunyaikebutuhanyangbersifatjangkapanjangataudengankatalainRelationshipMarketinginiakansangatefektifpadapelangganyangtepatyaitupelangganyangsangatterikatpadasistemtertentudanmengharapkanpelayananyangkonsistendantepatwaktu.KonsepRelationshipMarketingjugaberusahamembangunhubungandanperhatianyanglebihterhadappelanggandidalammempertahankanpelanggannyakarenamerekasadarbahwabiayayangdikeluarkanuntukmenarikpelangganbarudiperkirakan5kalilebihbesardibandingkandenganmempertahankanpelangganlama.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)adatidaknyapengaruhrelationshipmarketing(keuntunganbersamaataumutualbenefitkomitmenataucommitmentkebenaranatauauthenticitykomunikasiataucommunication)secaraparsialterhadaployalitaspelangganpenggunasepedamotoryamahapadamahasiswaFakultasEkonomiUM2)adatidaknyapengaruhsecarasimultanrelationshipmarketingterhadapterhadaployalitaspelangganpenggunasepedamotoryamahapadamahasiswaFakultasEkonomiUM.Desainpenelitianiniadalahdeskriptifdankorelasional.Desaindeskriptifuntukmendeskripsikanvariabelrealationshipmarketingdanloyalitaskonsumen.Sedangkanmetodekorelasionaluntukmengetahuiadatidanyapengaruhrealationshipmarketingterhadaployalitaskonsumen.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiUMyangmenggunakansepedamotorYamaha.Tekniksamplingyangdigunakanadalahaccidentalsampling.Jumlahsampelsebanyak66orang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketrelationshipmarketingdanangketloyalitaskonsumen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)terdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelrelationshipmarketing(keuntunganbersamakebenarankomitmendankomunikasi)secaraparsialterhadaployalitaskonsumensepedamotorYamaha2)terdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelrelationshipmarketing(keuntunganbersamakebenarankomitmendankomunikasi)secarasimultanterhadaployalitaskonsumensepedamotorYamaha3)komunikasiPTYamahaterhadapkonsumensepedamotorYamahamerupakanvariabeldominandalammembentukloyalitaskonsumen.Berdasarkankesimpulandiatasmakadiajukansaran-saranyaitu1)kepadaPTYamahaMotorKencanaIndonesiaagarmemanfaatkanprinsiprelationalmarketingdenganjalanmenjalinkomunikasisecaralisanmaupuntulisanuntukmengetahuikebutuhanataupunketidakpuasankonsumensehinggabisamenyediakankebutuhandanmenghindarkanketidakpuasankonsumendan2)kepadaparapenelitiselanjutnyayangtertarikuntukmendalamitemarelationalmarketingagarmelakukanpeneltiansejenisuntukjenis-jenisprodukyanglainmisalnyapengaruhRelationalMarketingterhadaployalitaskonsumenprodukmakananminumandanjasa