Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Liza Amalia Rezka

Main Author: Rezka, Liza Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/33574/
Daftar Isi:
  • KatakunciRelationshipmarketingloyalitaskonsumenRelationshipMarketingakanberlangsungdenganbaikjikaparapelangganmempunyaikebutuhanyangbersifatjangkapanjangataudengankatalainRelationshipMarketinginiakansangatefektifpadapelangganyangtepatyaitupelangganyangsangatterikatpadasistemtertentudanmengharapkanpelayananyangkonsistendantepatwaktu.KonsepRelationshipMarketingjugaberusahamembangunhubungandanperhatianyanglebihterhadappelanggandidalammempertahankanpelanggannyakarenamerekasadarbahwabiayayangdikeluarkanuntukmenarikpelangganbarudiperkirakan5kalilebihbesardibandingkandenganmempertahankanpelangganlama.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)adatidaknyapengaruhrelationshipmarketing(keuntunganbersamaataumutualbenefitkomitmenataucommitmentkebenaranatauauthenticitykomunikasiataucommunication)secaraparsialterhadaployalitaspelangganpenggunasepedamotoryamahapadamahasiswaFakultasEkonomiUM2)adatidaknyapengaruhsecarasimultanrelationshipmarketingterhadapterhadaployalitaspelangganpenggunasepedamotoryamahapadamahasiswaFakultasEkonomiUM.Desainpenelitianiniadalahdeskriptifdankorelasional.Desaindeskriptifuntukmendeskripsikanvariabelrealationshipmarketingdanloyalitaskonsumen.Sedangkanmetodekorelasionaluntukmengetahuiadatidanyapengaruhrealationshipmarketingterhadaployalitaskonsumen.PopulasipenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiUMyangmenggunakansepedamotorYamaha.Tekniksamplingyangdigunakanadalahaccidentalsampling.Jumlahsampelsebanyak66orang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketrelationshipmarketingdanangketloyalitaskonsumen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)terdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelrelationshipmarketing(keuntunganbersamakebenarankomitmendankomunikasi)secaraparsialterhadaployalitaskonsumensepedamotorYamaha2)terdapatpengaruhyangsignifikanantaravariabelrelationshipmarketing(keuntunganbersamakebenarankomitmendankomunikasi)secarasimultanterhadaployalitaskonsumensepedamotorYamaha3)komunikasiPTYamahaterhadapkonsumensepedamotorYamahamerupakanvariabeldominandalammembentukloyalitaskonsumen.Berdasarkankesimpulandiatasmakadiajukansaran-saranyaitu1)kepadaPTYamahaMotorKencanaIndonesiaagarmemanfaatkanprinsiprelationalmarketingdenganjalanmenjalinkomunikasisecaralisanmaupuntulisanuntukmengetahuikebutuhanataupunketidakpuasankonsumensehinggabisamenyediakankebutuhandanmenghindarkanketidakpuasankonsumendan2)kepadaparapenelitiselanjutnyayangtertarikuntukmendalamitemarelationalmarketingagarmelakukanpeneltiansejenisuntukjenis-jenisprodukyanglainmisalnyapengaruhRelationalMarketingterhadaployalitaskonsumenprodukmakananminumandanjasa